Nyanyian Irvanto Menyasar Kolega Setya Novanto
Berita

Nyanyian Irvanto Menyasar Kolega Setya Novanto

Keponakan Novanto ini menyebut mengantarkan sendiri pemberian uang kepada sejumlah anggota dewan.

Oleh:
Aji Prasetyo
Bacaan 2 Menit
Dari kiri ke kanan : Para saksi Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, Made Oka Masagung, Ihsan Muda Harahap. Foto: AJI
Dari kiri ke kanan : Para saksi Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, Made Oka Masagung, Ihsan Muda Harahap. Foto: AJI

Irvanto Hendra Pambudi Cahyo akhirnya mengaku dirinya mengantarkan uang kepada sejumlah anggota DPR RI terkait pembahasan anggaran untuk Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Hal ini diungkapkannya saat menjadi saksi untuk terdakwa Anang Sugiana Sudihardjo, bos PT Quadra Solution.

 

Awalnya hakim anggota Emilia Djaja Subagja menanyakan kepada Setya Novanto yang juga menjadi saksi dalam perkara ini mengenai pembagian uang e-KTP. Ia pun menceritakan sejumlah pertemuan yang salah satu diantaranya berkaitan dengan pembahasan anggaran e-KTP.

 

"Sebelum ada pertemuan di lantai 12, di ruangan sekretaris saya, Saudara Ade Komarudin, disitu ada Olly Dondokambey, sudah ada Mirwan Amir, Melchias Mekeng, ada Tamsil Linrung dan Nazarudin dan ada Andi (Narogong)," ujar Novanto di persidangan, Senin (21/5/2018).

 

Ketika ia masuk ke ruangan Ade Komaruddin yang ketika itu sebagai Sekretaris Fraksi Partai Golkar, ternyata mereka sedang membicarakan masalah anggaran APBN 2010-2011. Menariknya, meskipun Andi bukan anggota dewan ia ada di ruangan itu.

 

Setelah itu, Andi datang ke ruangannya dan menyatakan anggaran sudah terealisasi. Ia pun mengkonfirmasi kembali hal itu kepada Nazaruddin, dan jawabannya pun sama, jika anggaran yang diduga berkaitan dengan pengadaan e-KTP telah terealisasi.

 

"Itu anggaran, kalau soal fee-nya gimana?" tanya hakim Emilia.

 

"Ya fee-nya disitu Saudara Andi disaksikan Nazarudin itu disana mungkin sudah terjadi pembagian-pembagian fee," terang Novanto. Baca Juga: Keponakan dan Rekan Setnov Tersangka Baru Kasus e-KTP

 

Nyanyian Irvanto

Novanto melanjutkan, dirinya tidak mengetahui persis mengenai berapa jumlah angka yang diberikan kepada anggota dewan. Tetapi ada beberapa kali pemberian kepada para koleganya itu yang diketahui dirinya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait