Pedagang Asongan Demo di Stasiun KA
Aktual

Pedagang Asongan Demo di Stasiun KA

ANT
Bacaan 2 Menit
Pedagang Asongan Demo di Stasiun KA
Hukumonline

Ratusan pedagang asongan di Stasiun Kroya, Cilacap, hari ini Jumat (15/3) menggelar aksi damai guna memprotes kebijakan PT Kereta Api Indonesia yang melarang mereka berjualan di dalam stasiun. Aksi damai yang digelar sekitar 300 pedagang asongan duduk-duduk di peron Stasiun Kroya sambil membawa dagangan mereka.

Ketua Paguyuban Pengasong Stasiun Kroya Topan I.S. mengatakan bahwa para pedagang asongan itu telah puluhan tahun berjualan di stasiun. "Kami di sini untuk berjualan makanan khas daerah seperti pecel," katanya.

Dengan adanya larangan berjualan di stasiun, kata dia, makanan khas daerah dapat menghilang dan semakin dilupakan. "Dulu, saat Presiden Soeharto berkuasa, pedagang makanan khas daerah mendapat perhatian," katanya.

Ia mengatakan bahwa pedagang asongan belum sepakat dengan kebijakan PT KAI yang melarang pedagang asongan berjualan di stasiun.

Secara terpisah, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Zakaria mengatakan, aksi damai yang digelar pedagang asongan di Stasiun Kroya dilakukan secara spontanitas. "Aksi tersebut tidak mengganggu perjalanan kereta api," katanya.

PT KAI mengeluarkan larangan pedagang asongan berjualan di dalam stasiun mulai 1 Maret 2013.

Tags:

Berita Terkait