Pengembangan Energi "Hijau" Butuh Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah
Terbaru

Pengembangan Energi "Hijau" Butuh Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah

Perlu ditingkatkan kesadaran tanggung jawab dan sinergitas dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan masyarakat untuk pencapaian target Kebijakan Energi Nasional dan transisi energi.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 4 Menit
Pengembangan Energi
Hukumonline

Untuk mendorong penggunaan energi "hijau" atau energi baru dan terbarukan (EBT) di tingkat daerah sesuai Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) perlu kerja sama antara pemerintah pusat, daerah, serta swasta. 

Dewan Energi Nasional (DEN) sesuai dengan tugas dan fungsinya, melakukan pembinaan penyusunan dan implementasi RUED Provinsi. Selain itu, DEN juga memantau pelaksanaan implementasi RUED Provinsi agar sejalan dengan RUEN. 

Djoko Siswanto, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional menyatakan perlu segera mendorong reformasi kebijakan untuk pencapaian target transisi energi menuju net zero emission (NZE). 

Dia menyampaikan perlu ditingkatkan kesadaran tanggung jawab dan sinergitas dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan masyarakat untuk pencapaian target Kebijakan Energi Nasional dan transisi energi. 

Baca Juga:

Lebih lanjut, Djoko Siswanto mengatakan, tren arah kebijakan, baik global dan nasional saat ini adalah menuju pembangunan rendah karbon dan energi bersih di tahun 2030. "Pemerintah Indonesia berkomitmen mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDGs 7 (affordable and clean energy) dan SDGs 13 (climate action). Sekaligus menerapkan Nationally Determined Contribution (NDC) guna mengatasi perubahan iklim yang telah diputuskan melalui Paris Agreement," ungkap Djoko, Rabu (27/7).

Guna merealisasikan percepatan pengembangan EBT dan transisi energi, peran seluruh stakeholder perlu mendapat dukungan guna memastikan tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik. Pemerintah Pusat harus mendorong secara nyata dan memberikan keberpihakan terhadap kebijakan ini serta dukungan finansial agar upaya-upaya terhadap pengembangan EBT guna merealisasikan percepatan transisi energi benar-benar dapat diimplementasikan.

Tags:

Berita Terkait