Sindikat Narkoba Merambah Dunia Peradilan
Utama

Sindikat Narkoba Merambah Dunia Peradilan

Puji Wijayanto pernah berpesta narkoba dengan empat hakim Jakarta dan staf MA.

Oleh:
AGUS SAHBANI
Bacaan 2 Menit
KY ajak MA membenahi perilaku hakim yang menyimpang. Foto: Sgp
KY ajak MA membenahi perilaku hakim yang menyimpang. Foto: Sgp

Anda mungkin akan “koprol sambil bilang wow” begitu mendengar pengakuan mencengangkan seorang Puji Wijayanto kepada Wakil Ketua KY Imam Anshori. Ketika dikunjungi Imam di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Kamis kemarin (1/11), Puji mengaku dirinya pernah berpesta narkoba bersama sejumlah koleganya sesama hakim.

Hakim Pengadilan Negeri Bekasi itu menyebut ada sekitar empat hakim di Jakarta dan satu staf MA yang pernah pesta narkoba bersama dirinya. 

“Saya tanya, ada yang lain tidak (yang menggunakan narkoba) di kalangan hakim? Dia jawab, oh iya ada, kami pernah memakai narkoba sama-sama,” tutur Imam menceritakan ulang percakapan dirinya dengan Puji.

Menurut Imam, Puji juga menceritakan kisal awal dirinya terjerat narkoba. Puji mengaku dia kenal narkoba pertama kali ketika bertugas di Papua. Dengan alasan jauh dari keluarga, saat di tanah Cenderawasih itu, Puji sering mendatangi tempat hiburan. Di tempat itulah, Puji mulai bersentuhan dengan narkoba. 

“Tidak hanya di kalangan hakim yang mengkomsumsi narkoba, Puji juga mengetahui ada aparat penegak hukum lain, jaksa dan polisi yang pernah menggunakan barang terlarang itu,” ungkap Imam.

Menurut Imam, sindikat narkoba memang sengaja merasuki dunia peradilan dengan cara mempengaruhi dan mendekati polisi, jaksa dan hakim. Tujuannya, jika nanti ada sindikat narkoba yang terbongkar, mereka merasa memiliki koneksi di lembaga penegak hukum yang bisa membantu menyelesaikannya.

“Kalau dia (hakim pengguna narkoba, red) memutus perkara narkoba nanti ada solidaritas antar pengguna. Yang seharusnya sekian tahun vonisnya, jadi turun. Ini yang kita khawatirkan,” ujarnya. 

Tags: