Sistem Kepemimpinan Monarki
Terbaru

Sistem Kepemimpinan Monarki

Sistem pemerintahan monarki merupakan sistem pemerintahan tertua di dunia. Monarki merupakan sistem politik yang didasarkan pada kedaulatan yang tidak terbagi atau kekuasaan satu orang. Istilah ini berlaku untuk negara-negara di mana otoritas dipegang oleh raja atau ratu.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Sistem Kepemimpinan Monarki
Hukumonline

Sistem kepemimpinan monarki masih dipegang teguh oleh sistem pemerintahan Inggris hingga saat ini. Sistem monarki memiliki arti bahwa suatu negara masih di pimpin oleh seorang raja atau ratu yang memiliki kekuatan utama pemegang kekuasaan yang mendominasi dalam suatu negara atau kerajaan.

Monarki merupakan sistem poliitk yang didasarkan pada kedaulatan yang tidak terbagi atau kekuasaan satu orang. Istilah ini berlaku untuk negara-negara di mana otoritas dipegang oleh raja atau ratu, yaitu seorang penguasa individu yang berfungsi sebagai kepada negara dan yang mencapai posisinya melalui keturunan.

Sebagai kepala negara, raja atau ratu menjalankan tugas konstitusional dan perwakilan yang telah berkembang lebih dari seribu tahun sejarah. Selain tugas  negara, raja atau ratu memiliki peran yang kurang formal sebagai kepala negara, ia juga bertindak sebagai fokus untuk identitas nasional, persatuan dan kebanggan, memberikan rasa stabilitas, dan kontinuitas.

Baca Juga:

Dalam pemilihan raja atau ratu, bisa dilakukan dengan dua cara yaitu hereditary monarch dan elective monarch. Hereditary monarch adalah pemberian status raja atau ratu yang didasarkan pada garis keturunan.

Contoh pemilihan hereditary monarch adalah jika seorang raja atau ratu meninggal atau turun tahta, maka tahta tersebut akan diturunkan kepada anak tertua. Jika raja atau ratu tersebut tidak memiliki anak, maka tahta akan jatuh pada saudara laki-laki atau sepupu laki-laki.

Kemudian, elective monarch adalah pemberian status raja atau ratu yang didasarkan pada pemilihan. Biasanya pemilihan ini dilakukan oleh kelompok elit kecil dalam suatu negara. Contoh pemilihan ini salah satunya pemilihan paus sebagai penguasa Vatikan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait