Tapak Tilas 'Nahkoda' AKPI dari Masa ke Masa
Utama

Tapak Tilas 'Nahkoda' AKPI dari Masa ke Masa

Selama 25 tahun berkiprah, AKPI telah melalui 9 periode kepengurusan dengan 6 sosok sebagai ketua umum. Kini, AKPI dinahkodai Imran Nating sebagai Ketua Umum Periode 2022-2025.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 5 Menit
Kiri atas ke kanan bawah: Timur Sukirno, Yan Apul Girsang, Ricardo Simanjuntak, James Purba, Jimmy Simanjuntak, dan Imran Nating. Foto Kolase: Istimewa
Kiri atas ke kanan bawah: Timur Sukirno, Yan Apul Girsang, Ricardo Simanjuntak, James Purba, Jimmy Simanjuntak, dan Imran Nating. Foto Kolase: Istimewa

Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) menggelar acara puncak perayaan usia perak ke-25 tahun di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Senin (28/8/2023) malam. Acara yang dihadiri ribuan anggota AKPI dari seluruh Indonesia ini diisi dengan acara hiburan, pemberian penghargaan, dan pembagian hadiah dari berbagai cabang olahraga yang telah digelar sejak 5 Agustus 2023 lalu bertepatan usia 25 tahun organisasi kurator ini berdiri.

Di tempat yang sama, sebelumnya AKPI menggelar acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2023 yang membahas pertanggungjawaban jajaran pengurus AKPI selama satu tahun terakhir.

Bila melihat ke belakang, AKPI merupakan salah satu organisasi bagi profesi Kurator dan Pengurus di Indonesia yang telah berdiri sejak 5 Agustus 1998 silam. Pendiriannya diinisiasi oleh 14 orang tokoh dari kalangan Advokat, Konsultan Hukum, dan Akuntan Publik yang diharapkan menjadi wadah yang mewakili profesi Kurator dan Pengurus secara keseluruhan.

Ke-14 tokoh inisiator pendirian AKPI terdiri atas Fred B.G. Tumbuan, Kartini Muljadi, Marjan E. Pane, Laksmi Djuwita, Jahja Ramanto, Amir Abadi Jusuf, Jan Hoesada, William E. Daniel, Tuti Simorangkir, Ery Yunasri, Timur Sukirno, Ferry P. Madian, Ary A. Effendi, dan Jusuf Wibisana.

Baca Juga:

Tujuan didirikannya AKPI ini antara lain untuk menjaga kualitas jasa pelayanan kepada masyarakat, menciptakan kepercayaan terhadap jasa pelayanan, memelihara martabat dan kehormatan profesi, membina moral dan integritas dan wadah untuk komunikasi, konsultasi dan koordinasi serta usaha-usaha lain yang perlu dilakukan untuk menciptakan suatu proses Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dapat dipertanggungjawabkan, terpercaya, transparan, efektif, dan efisien.

Dalam perkembangannya, AKPI mengalami berbagai dinamika dalam masa ke masa. Menginjak usia 25 tahun pada Agustus tahun 2023 ini, tercatat sudah ada 6 sosok pemimpin yang telah menahkodai roda organisasi AKPI.

Tags:

Berita Terkait