Catat! 4 Tips yang Harus Dilakukan Mahasiswa Hukum Sebelum Lulus
Terbaru

Catat! 4 Tips yang Harus Dilakukan Mahasiswa Hukum Sebelum Lulus

Bukan hanya belajar dan meningkatkan nilai akademis. Penting bagi mahasiswa hukum mulai mengidentifikasi minat dan bakat pribadi; mengenal alumni Fakultas Hukum; jangan lupa bergaul; dan dapatkan kesempatan magang saat berkuliah.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Partner Macallo Harlin Mendrofa Advocates (MHM Advocates) Kenny Macallo dalam webinar Parahyangan Legal Academy (PLA) bertajuk 'WHAT TO DO AFTER GRADUATION?', Jum'at (25/3/2022). Foto: FKF
Partner Macallo Harlin Mendrofa Advocates (MHM Advocates) Kenny Macallo dalam webinar Parahyangan Legal Academy (PLA) bertajuk 'WHAT TO DO AFTER GRADUATION?', Jum'at (25/3/2022). Foto: FKF

Hak memperoleh pendidikan merupakan mandat Konstitusi, salah satunya setiap warga negara berhak menempuh pendidikan tinggi, khususnya pendidikan tinggi di Fakultas Hukum. Selama ini banyak diantara mahasiswa Hukum sebatas mengikuti arus dengan merasa cukup berfokus pada pembelajaran selama perkuliahan. Para mahasiswa lebih memilih untuk mendapat nilai yang baik dan memikirkan bagaimana dapat menyelesaikan skripsi agar lulus dengan cepat.

“Mungkin saya dulu juga seperti itu waktu kuliah, pemikiran saya ya kalau kuliah berarti kita belajar mata pelajaran yang tersedia dan kita ambil. Kemudian kita berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik, lalu sudah itu cepat-cepat bisa skripsi dan lulus. Namun makin ke sini, setelah saya jalani sebagai advokat, saya menyadari sebenarnya tidak cukup sampai di situ saat kita menjalankan perkuliahan,” ujar Partner Macallo Harlin Mendrofa Advocates (MHM Advocates) Kenny Macallo dalam webinar Parahyangan Legal Academy (PLA) bertajuk “WHAT TO DO AFTER GRADUATION?”, Jum’at (25/3/2022).

Dia menerangkan proses yang dilakukan mahasiswa hukum selama duduk di bangku perkuliahan semestinya tidak hanya terbatas pada belajar, menyelesaikan tugas-tugas kuliah, menyusun skripsi, sampai berakhir diwisuda dengan gelar Sarjana Hukum dan langsung terjun mencari pekerjaan. Meski memang hal itu biasa terjadi, tetapi akan lebih baik pula jika semasa kuliah dilakukan beberapa hal yang sekiranya dapat memaksimalkan kesempatannya di saat memasuki dunia kerja yang akan amat membantu jenjang kariernya.

Baca:

Partner dari Kantor MHM Advocates yang masuk dalam jajaran Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firms 2021 itu menyebutkan 4 tips yang dapat dilakukan para mahasiswa hukum selama masih menyandang predikat pelajar. Pertama, gunakan masa kuliah sebagai waktu untuk mulai mengidentifikasi minat dan bakat pribadi. Pasalnya, profesi yang dijajakan dalam industri hukum dewasa ini amat bermacam-macam dan amat luas.

Kalau dahulu orang yang memilih mempelajari Ilmu Hukum, dalam hal karier hanya dibatasi profesi advokat, jaksa, hakim, kepolisian, corporate counsel, atau bagian legal di perusahaan. Tapi kini profesi hukum yang ada semakin meluas. Untuk menjadi legal di perusahaan misalnya, tidak cukup mengetahui fakta perusahaan itu memiliki divisi hukum. Tetapi harus mengetahui pula bidang industri apa yang digeluti perusahaan.

“Ada industri di bidang keuangan, oil and gas, semua itu bagian penting identifikasi minat dan bakat kita. Jadi tidak cuma sekedar setelah lulus mau kerja di perusahaan, kita juga harus tahu perusahaan itu industrinya seperti apa yang minatnya sesuai dengan minat kita,” pesannya.

Tags:

Berita Terkait