Tips Terhindar dari Kejahatan Digital Jelang Lebaran
Terbaru

Tips Terhindar dari Kejahatan Digital Jelang Lebaran

Di antaranya tidak memberikan data atau informasi pribadi dari akun keuangan, seperti PIN, OTP atau password kepada pihak manapun, menggunakan password dan PIN yang tidak mudah ditebak (tidak menggunakan inisial,tanggal lahir, atau nomor telepon).

Fitri Novia Heriani
Bacaan 2 Menit
Tips Terhindar dari Kejahatan Digital Jelang Lebaran
Hukumonline

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Malang, Jawa Timur, memberikan tips agar masyarakat terhindar dari kejahatan digital yang bermunculan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ada beberapa tips yang bisa menghindarkan masyarakat dari penipuan maupun kejahatan digital yang marak belakangan ini, terutama menjelang Lebaran," kata Plt Kepala OJK wilayah Malang Ismirani Saputri di Malang, seperti dilansir Antara, Kamis (4/4).

Beberapa tips tersebut, di antaranya tidak memberikan data atau informasi pribadi dari akun keuangan, seperti PIN, OTP atau password kepada pihak manapun, menggunakan password dan PIN yang tidak mudah ditebak (tidak menggunakan inisial,tanggal lahir, atau nomor telepon).

Baca juga:

Selain itu, tidak mengklik link sembarangan, apalagi dari pihak yang tidak dikenal serta mengganti PIN dan password akun keuangan secara berkala.

Ia mengemukakan kejahatan digital yang sering terjadi menjelang Lebaran, di antaranya adalah social engineering, yakni tindakan memanipulasi psikologis korban untuk mendapatkan data dan informasi pribadi dengan tujuan membobol akun keuangan korban.

Selain itu, ada card tapping, yakni tindakan mengganjal lubang kartu mesin ATM agar kartu nasabah tersangkut dan dapat diambil alih, serta skimming atau pencurian informasi keuangan pada kartu ATM dengan cara menyalin data pada strip magnetic kartu tersebut.

Tags:

Berita Terkait