Usung Tema Peradilan E-Litigasi, MA Luncurkan Laptah 2019
Berita

Usung Tema Peradilan E-Litigasi, MA Luncurkan Laptah 2019

Dalam Pameran Kampung Hukum, MA berharap semua peserta bisa memberikan layanan terbaik agar masyarakat bisa leluasa berkunjung dan mendapatkan infomasi hukum.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Gedung MA Jakarta. Foto: RES
Gedung MA Jakarta. Foto: RES

Mahkamah Agung (MA) bakal menggelar Laporan Tahunan 2019 sekaligus menggelar Pameran Kampung Hukum 2020 pada (25-26/2/2020) di Plennary Hall Jakarta Convention Centre (JCC). Acara Pameran Kampung Hukum resmi dibuka oleh Ketua MA M. Hatta Ali mulai pukul 08.00 WIB Selasa (25/2) besok. Dilanjutkan acara Sidang Pleno Istimewa Penyampaian Laporan Tahunan MA Tahun 2019 oleh Ketua MA pada Rabu (26/2) mulai pukul 09.00 WIB.    

 

Sebagai bukti pertanggungjawaban kepada masyarakat, setiap tahunnya Ketua MA menyampaikan pidato Laporan Tahunan MA terkait capaian, prestasi, jumlah penanganan perkara yang diputus, jumlah sisa perkara, dan yang lainnnya,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah kepada Hukumonline, Senin (24/2/2020).

 

Abdullah menerangkan Pameran Kampung Hukum yang sudah berlangsung sejak tahun 2008 ini, bertujuan untuk memberi akses semudah-mudahnya kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi langsung terkait apa itu MA, tugas dan fungsinya, aneka kebijaknnya dan informasi lainnya. Acara ini tidak dipungut biaya dan terbuka untuk umum ini yang diisi dengan beragam kegiatan.  

 

Acara Pameran Kampung Hukum ini diikuti 31 peserta yang terdiri dari Satuan Kerja Eselon I pada MA, MK, DPR, MPR, KPK, KY, Kepolisian, LPSK, OJK, dan lainnya yang juga memamerkan berbagai kebijakan dan prestasinya masing-masing. Di sela-sela acara ini digelar acara Talk Show bertemakan “E-Litigasi sebagai Wujud Modernisasi Peradilan.

 

Acara talk show ini menghadirkan beberapa pembicara Hakim Agung MA Syamsul Ma’arif; Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum MA Prim Haryadi; Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Aco Nur; Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan TUN MA Lulik Tri Cahyaningrum; dan Ketua Umum Peradi Junniver Girsang.

 

Digelar pula seminar motivasi oleh Mandra Gunawan, stand up comedy, perlombaan dari masing-masing booth pameran, dan aneka permainan yang bisa diikuti semua pengunjung di masing-masing booth peserta. “Kami berharap semua peserta bisa memberikan layanan terbaik agar masyarakat bisa leluasa berkunjung dan mendapatkan infomasi hukum,” kata Abdullah.

 

Pada 26 Februari 2020, diluncurkan Laporan Tahunan MA yang akan dihadiri Presiden Jokowi, pimpinan lembaga negara/kementerian, Ketua MA negara sahabat, para duta besar negara sahabat, seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan seluruh Pimpinan Pengadilan Pertama Kelas IA, serta seluruh pejabat struktural di lingkungan MA.

Tags:

Berita Terkait