Sanksi Pidana untuk Cegah Akuntan Curang
Berita

Sanksi Pidana untuk Cegah Akuntan Curang

Penerapan sanksi pidana dalam UU Akuntan Publik justru dimaksudkan untuk melindungi profesi akuntan publik.

ash
Bacaan 2 Menit
Sidang pleno pengujian UU Akuntan Publik di gedung MK. Foto: SGP
Sidang pleno pengujian UU Akuntan Publik di gedung MK. Foto: SGP

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan KA Badaruddin mengatakan ketentuan pidana dalam UU No 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik adalah untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan/atau kecurangan yang dilakukan akuntan publik, ataupun pihak terasosiasi dalam memberikan jasa akuntan publik.

“Dengan adanya ketentuan itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap hasil pekerjaan akuntan publik, termasuk opini atau pernyataan pendapat Akuntan Publik dalam mengevaluasi secara akurat realitas laporan atau informasi keuangan suatu entitas,” paparnya dalam sidang pleno pengujian UU Akuntan Publik di gedun Mahkamah Konsitusi (MK), Kamis (2/1).  

Badaruddin mengatakan pencatuman aturan pidana dalam UU Akuntan Publik dianggap sebagai upaya tepat bagi akuntan publik maupun pihak terasosiasi yang dengan sengaja memanipulasi, memalsukan, dan/atau menghilangkan data atau catatan pada kertas kerja atau tidak membuat kerja yang berkaitan dengan jasa asuransi yang diberikan akuntan publik.

Menurutnya, regulasi yang baik bagi profesi akuntan publik tentunya akan memberikan dampak yang positif dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan dunia usaha terhadap profesi akuntan publik. Sebaliknya, regulasi yang lemah justru akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat dan dunia usaha.

“Adanya aturan pidana bagi pelaku tindak pidana dalam UU Akuntan Publik, tentunya akan memberikan pengaruh yang positif bagi akuntan publik karena akan mendorongnya untuk bertindak lebih profesional dan independen dalam menjalankan profesinya yang sangat penting dan mulia ini,” papar Badaruddin.

Meski terdapat ancaman pidana dalam memberikan jasa akuntan publik, tidak serta merta ancaman pidana itu secara membabi buta dapat diterapkan terhadap setiap akuntan publik ataupun pihak terasosiasi.

“Sangat tidak berdasar dan terlalu mengada-ada alasan para pemohon yang kebebasan dan independensinya dalam menjalankan pekerjaannya terancam dan terpasung dengan berlakunya Pasal 55 dan Pasal 56 UU Akuntan Publik,” tandasnya.

Tags: