Rabu, 03 Oktober 2012

AAI dan KADIN Teken MoU Bantuan Hukum UKM

RED


 


Di sela-sela Rapimnas Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Selasa (2/10), dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara KADIN dengan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI). Acara penandatanganan dilakukan oleh Ketua Umum KADIN Suryo Bambang Sulisto dan Ketua Umum AAI Humphrey Djemat.



Lingkup MoU ini adalah pemberian bantuan hukum bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM). Lebih spesifik, bantuan hukum dimaksud meliputi penanganan perkara litigasi dan non-litigasi.



Selain bantuan hukum, AAI juga dapat memberikan jasa konsultasi, pengurusan perizinan yang berkaitan dengan usaha, pengurusan merek dan paten, memberikan pembekalan hukum baik berupa seminar hukum maupun kegiatan sosialisasi yang berkaitan dengan peraturan di bidang usaha, perekonomian, keuangan, industri dan perdagangan, pajak dan lainnya yang terkait.



Kerjasama ini akan melibatkan seluruh advokat AAI. Secara pro aktif, AAI akan menempatkan anggotanya di sentra-sentra UKM, seperti di lokasi UKM di Pasar Tanah Abang dan lokasi  UKM di Pasar Induk di Jakarta.



Dalam siaran pers, Humphrey Djemat menjelaskan latar belakang diadakannya kerjasama ini adalah UKM seringkali menghadapi persoalan hukum yang berkaitan dengan merek, paten, izin usaha, pajak, pungutan liar, perjanjian pembiayaan atau pendanaan dengan pihak ketiga. Selain itu, pemerintah dinilai kurang memberikan perlindungan untuk UKM yang diperparah dengan minimnya minimnya pengetahuan UKM tentang hukum.



Dikatakan Humphrey, tujuan kerjasama ini adalah demi terciptanya pemahaman yang komprehensif mengenai hak dan kewajiban pelaku usaha di sektor UKM. “Agar terciptanya perlindungan hukum bagi Pelaku Usaha khususnya bagi UKM, serta adanya solusi atau problem solving terhadap permasalahan hukum yang dihadapi oleh para pelaku usaha,” ujarnya dalam siaran pers.



Dalam kerjasama ini, ditegaskan Humphrey, AAI dan KADIN sama-sama berkomitmen untuk tidak melakukan suap terhadap berbagai pihak yang terkait. “Kita akan menyelesaikan segala sesuatunya dengan cara profesional dan di jalur yang benar, dan semua pengeluaran yang dilakukan harus bersifat transparan dan akuntabel, serta semua kegiatan harus dilaporkan dan bersifat terbuka.”

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua