KPK Telusuri Keterlibatan Hakim Lain Kasus Bansos
Aktual

KPK Telusuri Keterlibatan Hakim Lain Kasus Bansos

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
KPK Telusuri Keterlibatan Hakim Lain Kasus Bansos
Hukumonline

KPK tengah menelusuri keterlibatan hakim lain dalam kasus dugaan korupsi pengurusan perkara pemberian dana bantuan sosial di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

"Kemungkinan kepada siapa saja asal ada bukti-bukti yang kuat, KPK saat ini terus mengembangkan penyidikan tapi belum ada tersangka baru berdasarkan dua alat bukti yang cukup," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Selasa.

KPK hingga saat ini pernah memeriksa sejumlah hakim di pengadilan tinggi, misalnya pelaksana tugas Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat CH Kristi Purnamiwulan, mantan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Sareh Wiyono, Ketua Pengadilan Negeri Bandung Singgih Budi Prakoso serta dua rekan tersangka Setyabudi Tejocahyono saat mengadili perkara bansos Bandung yaitu hakim ad hoc Tipikor Ramlan Comel dan Jojo Johari.

Meski banyak hakim Bandung yang diperiksa KPK terkait kasus tersebut, tapi KPK belum meminta agar lokasi pengadilan Tipikor dipindahkan ke Jakarta.

"Belum ada keputusan tempat persidangan karena itu kewenangan di MA." Namun ia menjelaskan bahwa permintaan pemindahan tempat sidang menunggu pelimpahan berkas ke tahap penuntutan.

"Setelah dilimpahkan ke penuntutan baru diputuskan oleh MA," tambah Johan.

Tags: