Ramayana dan Chevron Digugat Saripari
Berita

Ramayana dan Chevron Digugat Saripari

Kedua perusahaan itu dituding melakukan perbuatan melawan hukum.

HRS
Bacaan 2 Menit
Ramayana dan Chevron Digugat Saripari
Hukumonline

PT Saripari Pertiwi Abadi memutuskan menyeret PT Asuransi Ramayana Tbk dan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sidang perdana gugatan ini digelar, Rabu (4/12).

Jalur ini ditempuh Saripari karena Ramayana dan CPI dituding telah melakukan perbuatan melawan hukum. Tidak hanya CPI dan Ramayana, Saripari juga menarik SKK Migas dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai turut tergugat.

Performance Bond adalah sebabnya. Demi pencairan Performance Bond, Ramayana dan CPI dituding telah melakukan pengancaman kepada direksi perusahaan. Ramayana mengancam akan mengerahkan karyawan Ramayana untuk berdemonstrasi ke perusahaan Saripari. Demonstrasi ini juga akan dilakukan di rumah pribadi direksi.

Ancaman dilakukan Ramayana lantaran Ramayana mengaku mendapat “teror” terus-menerus dari CPI agar uang jaminan tersebut dicairkan. Nilai Performance Bond yang ingin dicairkan CPI berjumlah AS$2,11 juta. Sementara itu, Saripari justru berpandangan Performance Bond tidak dapat dicairkan. Jikapun dapat dicairkan, jumlah uang jaminan tersebut tidak mencapai AS$2,11 juta, melainkan hanya AS$185.459,88.

Perbedaan pandangan ini muncul lantaran ada perubahan nilai kontrak. Untuk diketahui, performance bond lahir dari kontrak pengeboran minyak antara Saripari dan CPI dengan Nomor 4373-OK tertanggal 20 Januari 2008. Jangka waktu perjanjian adalah maksimal 4 tahun dengan nilai kontrak senilai AS$42,2 juta.

Kontrak tersebut mengatur bahwa kontraktor harus menyerahkan uang jaminan kepada sebuah perusahaan suatu jaminan pelaksanaan untuk menjamin terlaksananya pekerjaan yang diperjanjikan.

Realisasi klausul tersebut adalah penunjukan PT Asuransi Ramayana sebagai perusahaan penjamin pelaksana proyek tersebut. Besarnya uang jaminan adalah sedikitnya 5-10% dari nilai kontrak yang tersisa. Uang jaminan dari kontrak senilai AS$42,2 juta adalah AS$2,11 juta.

Halaman Selanjutnya:
Tags: