‘Anak Pengguna Narkotik Rentan Alami Gangguan Jiwa’
Aktual

‘Anak Pengguna Narkotik Rentan Alami Gangguan Jiwa’

Oleh:
ANT | Sandy Indra Pratama
Bacaan 2 Menit
‘Anak Pengguna Narkotik Rentan Alami Gangguan Jiwa’
Hukumonline
Sekretaris Jenderal DPP Gerakan Anti Narkotika Nasional (GAN) Indonesia Zulkarnain Nasution mengatakan, seorang anak yang sering pemakai narkoba jenis ganja rentan mengalami gangguan kejiwaan.
"Pelajar dan remaja yang samakin banyak kecanduan merokok ganja itu, maka jumlah penderita penyakit jiwa yang dirawat di rumah sakit cukup tinggi," kata Zulkarnain Nasution di Medan, Jumat.
Anak pemakai ganja di Indonesia, menurut dia, cukup banyak dan umumnya mereka itu adalah pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah menengah Atas (SMA).
"Pemerintah dan orang tua harus tetap mewaspadai, serta melakukan tindakan pencegahan dalam bentuk apapun secara dini demi menyelamatkan generasi muda harapan bangsa," ujar Zulkarnain.
Ia menyebutkan, calon-calon pemimpin bangsa itu, harus segera dilindungi agar tidak mudah terpengaruh dengan obat-obat yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
Oleh karena itu, katanya, pemberantasan narkoba itu, bukan hanya menjadi tanggung jawab Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN), instansi terkait lainnya, tetapi juga orang tua, serta masyarakat.
Peredaran narkoba yang semakin meluas itu, harus ditertibkan, karena ini salah satu penyebab rusaknya moral dan mental para remaja, serta pelajar di tanah air.
Tags: