Sambut HUT ke-74, MA Bakal Luncurkan E-Litigation dan Theme Song
Berita

Sambut HUT ke-74, MA Bakal Luncurkan E-Litigation dan Theme Song

Tema peringatan HUT MA masih akan berkisar pada pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tata kelola pengadilan.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Gedung MA. Foto: RES
Gedung MA. Foto: RES

Setelah implementasi e-filing, e-payment, dan e-summons, Mahkamah Agung (MA) tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi e-litigation. Aplikasi e-litigation ini ditargetkan rampung pada Agustus 2019 melalui perubahan Peraturan MA (Perma) No. 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (E-Court).      

 

Perubahan Perma No. 3 Tahun 2018 ini bakal di-launching pada Hari Ulang Tahun (HUT) MA ke 74 pada 19 Agustus 2019 mendatang sekaligus peluncuran Theme Song MA. Suasana kebatinan peringatan HUT MA ke-74 kali ini tidak banyak berbeda dengan hari ulang tahun sebelumnya.

 

“Hanya saja, pada tahun ini kita memastikan bahwa seluruh satuan kerja pengadilan sudah siap untuk menerapkan aplikasi pengadilan elektronik (e-court),” ujar Sekretaris MA, Achmad Setyo Pudjoharsoyo saat pertemuan bersama seluruh Kepala Biro dan Kepala Bagian terkait di ruangannya, Kamis (18/07/2019) kemarin seperti dikutip laman resmi MA. Baca Juga: E-Litigation Sebatas Pertukaran Dokume atau Sidang Pembuktian Elektronik

 

Pudjoharsoyo menegaskan MA saat ini tengah mempersiapkan penguatan terhadap aplikasi e-court tersebut dengan memasukkan ketentuan-ketentuan beracara secara elektronik (E-Litigation) dan aplikasi yang akan dipergunakan. “Kita berharap pengaturan dan aplikasi tersebut dapat diluncurkan pada momentum ulang tahun tersebut,” kata mantan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat itu.

 

Atas dasar itu, kata Pudjoharsoyo, tema peringatan HUT MA masih akan berkisar pada pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tata kelola pengadilan. “Temanya nanti akan ditetapkan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung,” kata Pudjoharsoyo.

 

Theme Song MA

Selain akan meluncurkan peraturan dan aplikasi untuk beracara secara elektronik, momentum peringatan HUT MA juga akan diisi dengan peluncuran theme song MA. Menurut Pudjoharsoyo, theme song tersebut dipandang perlu untuk membangkitkan semangat aparatur pengadilan dalam melaksanakan tugasnya.

 

“Selama ini MA dan pengadilan di bawahnya belum memiliki theme song,” ungkap Pudjoharsoyo.

 

Dia melanjutkantheme Song tersebut tengah dalam proses finalisasi oleh MA bersama musisi Addie MS. “Kita rencanakan pada hari itu (HUT MA ke-74. red) diperdengarkan secara resmi dan disebarluaskan kepada seluruh aparatur pengadilan,” lanjutnya.

Tags:

Berita Terkait