​​​​​​​Mahasiswa dan Masalah Ability to Pay
Mahasiswa Bergerak

​​​​​​​Mahasiswa dan Masalah Ability to Pay

Seorang mahasiswa ikut mempersoalkan pajak bumi dan bangunan. Legal standingnya diakui. Mahasiswa lain mempersoalkan Biaya Kuliah Tunggal ke Mahkamah Agung.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar/MYS/M-30
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: HGW
Ilustrasi: HGW

Seorang mahasiswa, bersama seorang karyawan dan seorang pensiunan mencoba memperjuangkan hak-hak konstitusional mereka ke Mahkamah Konstitusi. Jestin Justian adalah mahasiswa Universitas Tarumanegara Jakarta ketika bersama dua pemohon lain, Agus Prayogo dan Nur Hasan, mengajukan ‘gugatan’ terhadap ketentuan Pasal 4 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 12 Tahun 1994 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan (UU PBB). Mereka berpandangan bahwa kewajiban subjek pajak seperti mereka membayar PBB bertentangan dengan Pasal 28H ayat (1) UUD 1945.

 

Cerita ini bermula dari pengalaman berbeda. Jestin, si mahasiswa, mendapatkan dana dari orang tuanya pada 2017, yang kemudian dipergunakan untuk membeli rumah di Dawuan Barat, Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Status tanahnya belum hak milik karena masih berbentuk Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Jika hendak diubah menjadi Akta Jual Beli (AJB), Jestin harus lebih dahulu membayar pajak bumi dan bangunan. Sebagai mahasiswa yang belum punya pekerjaan, Jestin merasa tak sanggup membayar pajak dan bangunan yang timbul dari pembelian rumah di Karawang tadi.

 

Adapun Agus Prayogo tak mampu melunasi pajak bumi bangunan karena terhimpit kemiskinan; sedangkan Nur Hasan berdalih biaya pensiunannya tak mungkin mencukupi untuk biaya hidup dan membayar pajak. Kewajiban membayar PBB merugikan hak konstitusional mereka. Itu pula sebabnya Jestin dan kawan-kawan meminta ketentuan PBB dalam UU No. 12 Tahun 1994 dibatalkan Mahkamah Konstitusi.

 

Mahkamah Konstitusi, dalam pertimbangannya, memandang persoalan ini sebagai masalah ability to pay, kemampuan untuk membayar kewajiban. Status pemohon I sebagai mahasiswa ada hubungannya dengan konstitusionalitas norma yang dimohonkan uji, dan karena itu legal standing Jestin dan kedua temannya diakui. Tetapi dari sisi substansi, menurut Mahkamah, di negara manapun ada pungutan atas properti. Landasan filosofis pengenaan pajak atas bumi/tanah adalah adanya manfaat atau kenikmatan yang diperoleh dari bumi/tanah tersebut. Negara punya kewenangan memungut pajak dari rakyatnya. (Baca Serial Lengkap Mahasiswa Bergerak)

 

Namun, harus dibedakan antara kewenangan negara untuk memungut pajak dan kewajiban negara untuk memenuhi hak-hak konstitusional warga negara. Kewenangan negara memungut pajak, termasuk PBB, adalah kewenangan yang legitimate berdasarkan doktrin, tetapi juga punya landasan konstitusional, yakni Pasal 23A UUD 1945.

 

Memang, berdasarkan konsep ability to pay, tidak semua warga negara mampu membayar pajak. Itu adalah fakta sosial dan empirik. Tetapi, menurut Mahkamah, kondisi empiris itu tidak dapat dijadikan dasar untuk menyatakan kewenangan negara memungut pajak tidak konstitusional. Tugas pemerintahlah mengatasi ketidakmampuan rakyat membayar pajak. Untuk itu, pemerintah sudah membuat aturannya, dan memiliki diskresi untuk memperlakukan khusus orang-orang yang tak mampu. Salah satunya lewat UU Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam UU ini telah disebutkan antara lain kewenangan kepala daerah untuk mengurangi ketetapan pajak terutang berdasarkan pertimbangan kemampuan membayar Wajib Pajak dan kondisi tertentu objek pajak.

 

Atas pertimbangan itu, majelis hakim dalam Putusan No. 3/PUU-XVI/2018 menyatakan  tidak menemukan adanya persoalan inkonsitusionalitas. Majelis berpendapat bahwa rumusan dan materi muatan Pasal 4 ayat (1) dan ayat (2) UU PBB konstitusional alias sejalan dengan Konstitusi. Walhasil, majelis hakim menyatakan permohonan tersebut ditolak.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait