Sidang Tahunan MPR Bakal Jadi Ajang Laporan Lembaga Negara
Berita

Sidang Tahunan MPR Bakal Jadi Ajang Laporan Lembaga Negara

Diperkirakan pada 13 Agustus 2020, Sidang Tahunan MPR digelar untuk mendengarkan laporan tahunan lembaga negara terdiri dari MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK, dan KY. Selanjutnya, pada 14 Agustus 2020 akan mendengarkan laporan kinerja tahunan Presiden.

Oleh:
Agus Sahbani/ANT
Bacaan 2 Menit
Gedung MPR/DPR/DPD. Foto: RES
Gedung MPR/DPR/DPD. Foto: RES

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) mengapresiasi sikap Mahkamah Agung (MA) yang menyambut baik gagasan MPR dalam memfasilitasi tujuh lembaga negara menyampaikan laporan tahunannya secara langsung kepada rakyat melalui Sidang Tahunan MPR pada Agustus 2020 mendatang.   

 

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjelaskan penyampaian laporan lembaga negara dalam Sidang Tahunan MPR RI merupakan laporan langsung kepada rakyat. Menurut dia, MPR hanya memfasilitasi acara tersebut sebagaimana diatur dalam undang-undang.

 

"Jadi, bukan laporan kepada MPR RI. Karena dalam forum tersebut MPR juga menyampaikan laporan tahunannya kepada rakyat," kata Bamsoet usai memimpin Rapat Konsultasi melalui video conference antara Pimpinan MPR dengan MA dari Ruang Kerja Ketua MPR RI, Selasa (28/4/2020) seperti dikutip Antara.

 

Bamsoet menjelaskan seperti pimpinan lembaga negara lain, Presiden sebagai kepala pemerintah juga menyampaikan laporan tahunannya dalam Sidang Tahunan MPR RI sebagaimana yang telah berlangsung selama ini setiap tanggal 16 Agustus. Bedanya, sebelumnya penyampaian laporan pimpinan lembaga negara lain disampaikan secara rangkuman melalui/lewat Presiden. Nantinya, disampaikan langsung oleh masing-masing pimpinan lembaga negara.

 

"Melalui Sidang Tahunan MPR ini, rakyat bisa mendengar dan mengetahui apa saja yang sudah dijalankan berbagai lembaga negara. Sehingga bisa mewujudkan transparansi dan akuntabilitas sekaligus mendewasakan demokrasi kita," kata dia. (Baca Juga: Sejumlah Catatan MPR atas Perppu No.1/2020)

 

Politisi Partai Golkar itu melanjutkan kehadiran Sidang Tahunan MPR RI yang memfasilitasi penyampaian laporan tahunan lembaga negara tidak akan menggugurkan tradisi baik setiap lembaga negara yang juga memiliki forum tersendiri dalam penyampaian laporan tahunannya. Dia mencontohkan MA sudah memiliki tradisi penyampaian laporan tahunannya di awal tahun pada bulan Februari atau Maret.

 

"Kehadiran Sidang Tahunan MPR RI justru akan memperkuat MA ataupun lembaga negara lain agar laporan tahunannya bisa lebih diketahui langsung oleh para rakyat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait