Gedung Kejaksaan Agung RI Terbakar
Berita

Gedung Kejaksaan Agung RI Terbakar

Dokumen-dokumen perkara dan situasi rumah tahanan dinyatakan aman. Menkopolhukam Mahfud MD meminta semua pihak tidak mengembangkan spekulasi terlalu jauh mengenai peristiwa tersebut.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Foto: Dok HOL/Sgp
Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Foto: Dok HOL/Sgp

Gedung Kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terbakar pada Sabtu (22/8) malam. Meski demikian, pihak Kejaksaan Agung memastikan dokumen-dokumen kasus aman dari peristiwa tersebut. Situasi dan kondisi di Rumah Tahanan (Rutan) Kejagung juga dipastikan aman.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengatakan setidaknya sebanyak tujuh lantai Gedung Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan jadi sasaran api dan terbakar. Menurutnya, lantai yang terbakar berada di sisi selatan gedung. Sedikitnya, ada 40 unit pemadam kebakaran yang diturunkan guna memadamkan api

"Informasi awal kebakaran bermula dari lantai enam,” kata Satriadi seperti dilansir Antara.

Pihak Kejaksaan Agung memastikan bahwa kebakaran yang terjadi tidak sampai ke tempat penyimpanan dokumen perkara. “Jika ada berkas yang terbakar (dalam kebakaran di Kejagung), ada sistem pengamanan database. Jadi, kalau ada data fisik yang terbakar masih ada data yang disimpan di database,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, dalam keterangannya.

Menurutnya, dokumen-dokumen kasus, baik pidana khusus maupun pidana umum serta tahanan Kejagung, berbeda lokasi dengan lokasi kebakaran yang terjadi. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa sumber api berasal dari lantai 6 gedung utama Kejaksaan Agung tersebut. (Baca Juga: Melirik Pentingnya Sertifikat Laik Fungsi Sebuah Bangunan)

"Sumber api lantai 6, korban jiwa tidak ada. Sejak hari Kamis (20/8) cuti bersama Tahun Baru Islam, tidak ada kegiatan," ucap Hari.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana memastikan situasi dan kondisi di Rumah Tahanan (Rutan) Kejaksaan Agung juga tetap aman meski berada dalam satu komplek dengan Gedung Perencanaan Kejagung yang dilalap api. Nana juga mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan sebab terjadinya kebakaran setelah api berhasil dipadamkan.

"(Rumah) tahanan masih aman. Tahanannya ada di belakang. Kami persiapkan untuk evakuasi," kata Nana.

Dalam peristiwa tersebut, Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanudin juga mengaku bahwa ruang kerjanya ikut terbakar akibat kebakaran hebat tersebut. "Iya. Terbakar, yang terbakar ini adalah Gedung Pembinaan. Di situ ada Biro Kepegawaian, Biro Keuangan dan Perencanaan, dan Biro Umum," kata Burhanudin.

Tags:

Berita Terkait