Utama

Menuju Era One-Stop Solution untuk Kepatuhan Hukum

Aktivitas terkait kepatuhan hukum (legal compliance) selalu memberikan tantangan tersendiri bagi setiap pemangku kepentingan di dalamnya. Dikarenakan masih minimnya eksposure digitalisasi di industri ini, tidak jarang hal tersebut berdampak pada inefisiensi waktu dan tingginya risiko human error. Padahal laporan kepatuhan ini akan berpengaruh pada good corporate governance dan reputasi perusahaan.
Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Menuju Era One-Stop Solution untuk Kepatuhan Hukum
Hukumonline

Tahun 2021 merupakan tahun di mana pemerintah sebagai regulator mencoba berusaha menggenjot iklim investasi yang melemah karena pandemic covid-19. Yang terbaru, Pemerintah menerbitkan 49 Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja yang memiliki cakupan luas dan berdampak terhadap berbagai sektor industri. (Baca: Yuk Unduh Daftar 49 Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja di Sini!)

 

Lahirnya peraturan-peraturan tersebut tentunya harus diantisipasi para professional hukum, tak terkecuali para pengacara perusahaan (in-house counsel) sebagai garda terdepan kepatuhan perusahaan. Kondisi ini tentu menghadapkan para in-house counsel pada pilihan yang tidak mudah untuk tetap up to date sehingga perlu memperbarui daftar peraturan, kewajiban, sanksi serta kebijakan-kebijakan yang berimplikasi kepada bisnis perusahaan mereka. Bagaimanapun juga, seorang in-house counsel merupakan garda terdepan untuk segala persoalan terkait kebijakan-kebijakan baru yang diterbitkan pemerintah. Realitanya, seorang in-house counsel juga dihadapkan kepada berbagai kesibukan lain seperti membuat kontrak, menyiapkan berbagai dokumen hukum, melakukan riset serta menyusun legal opinion. Pekerjaan pembaruan daftar peraturan dan penyusunan laporan kepatuhan perundang-undangan kerap menjadi tantangan tersendiri, apalagi ketika sistem yang digunakan masih serba konvensional, selain menghabiskan waktu, kesalahan dapat saja terjadi, padahal laporan kepatuhan ini akan berpengaruh pada good corporate governance dan reputasi perusahaan, terutama jika perusahaan tersebut sudah melantai di bursa saham.

 

Belum lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, proses alur bekerja atau berkoordinasi dengan rekan kerja menjadi semakin terasa sulit dikarenakan perbedaan lokasi atau konsekuensi atas penerapan kebijakan work from home. Sadar akan berbagai kesulitan yang harus dihadapi oleh rekan-rekan in-house counsel, Hukumonline menawarkan satu produk yang dapat memberikan pengalaman baru dalam menjalankan aktivitas kepatuhan hukum melalui Regulatory Compliance System atau dikenal dengan “RCS”. Melalui RCS, setiap in-house counsel dapat dengan mudah memonitor setiap kewajiban yang terdampak pada perusahaan mereka, termasuk mengetahui setiap sanksi dan kewajiban perusahaannya sehingga dapat lebih mudah menganalisa tingkat risiko yang dihadapi oleh perusahaan. Tidak hanya itu, para pengambil keputusan di perusahaan dapat dengan mudah memantau perkembangan kepatuhan hukum kinerja secara real-time sehingga tidak sulit untuk mengetahui sejauh mana presentase tingkat kepatuhan suatu perusahaan pada saat itu.

 

Satu Platform Terintegrasi untuk Mempermudah Anda

Melalui RCS, Anda akan dimanjakan dengan tampilan antarmuka intuitif yang menampilkan setiap kewajiban dan status kepatuhan perusahaan Anda. Dengan Compliance Monitor, Anda lebih praktis untuk melihat status kepatuhan perusahaan, berapa persen yang sudah tercapai, masih on-progress dan yang belum, sehingga Anda akan dapat melihatnya secara real-time, serta mengunduhnya menjadi laporan kepatuhan perusahaan. Bersama dengan tim, Anda dapat juga mengevaluasi secara teratur prioritas perusahaan melalui Obligation Checklist yang juga akan memberikan Anda daftar peraturan terkait serta mengetahui daftar sanksi/kewajiban yang relevan di perusahaan. Segala aktivitas dapat dilakukan secara kolaboratif sehingga RCS merupakan solusi yang tepat dalam menjalankan aktivitas compliance ketika  work from home.

 

Hukumonline.com

Hukumonline.com

 

Notifikasi Pembaruan Dokumen Langsung ke Email Anda.

Tidak perlu panik terlewat masa kedaluwarsa dokumen maupun peraturan, dengan fitur Notifications Anda akan mendapatkan notifikasi langsung ke email Anda untuk setiap kewajiban kepatuhan yang memiliki deadline, atau sekedar sebagai reminder agar tidak ada kewajiban yang tidak terpenuhi sebelum lewat masa deadline. Hal ini mempermudah Anda untuk lebih responsif melakukan pembaruan atau tindakan lain jika suatu saat kewajiban kepatuhan tersebut kedaluwarsa. Setiap peraturan juga terkoneksi dengan Pusat Data Hukumonline, sehingga dokumen yang disajikan terjamin status keberlakuan dan tingkat validasinya. Didukung oleh sistem Document Management System yang dilengkapi dengan Advanced Search, mempermudah Anda dalam menemukan dokumen berdasarkan kategori, penandaan, metadata, dan teks. Dengan teknologi Optical Character Recognition (OCR) setiap teks pada file dokumen hasil scan dan bentuk gambar juga dapat ditampilkan pada pencarian. Cukup mengetik sejumlah kata kunci, menekan tombol klik, dan dokumen telah siap dibuka.

 

Sebagai penyedia layanan informasi hukum yang dipercaya oleh ribuan pelanggan serta reputasi dan komitmen untuk mengedepankan inovasi selama lebih dari dua dekade, kami memahami betul bahwa setiap lini bisnis memiliki beragam implikasi hukum ketika satu beleid baru saja terbit. Segera beralih ke RCS untuk mempermudah proses hukum kepatuhan perusahaan Anda, kunjungi rcs.hukumonline.com atau hubungi kami melalui email di [email protected] untuk mendapatkan demo dan pengenalan lebih lanjut mengenai fitur-fitur unggulan RCS.

 

Berita Terkait