Terbaru

Tips Kuliah Hukum Online Ala Presiden ALSA Indonesia

Yang terpenting dalam kuliah online manfaatkan waktu dengan baik, dan tahu mana yang skala prioritas dan yang bukan skala prioritas yang akan kita kerjakan.
Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 3 Menit
IGFest Life at Law School bertajuk 'Tetap Produktif Saat Kuliah Online ala Presiden ALSA Indonesia', Selasa (13/7/2021). Foto: RES
IGFest Life at Law School bertajuk 'Tetap Produktif Saat Kuliah Online ala Presiden ALSA Indonesia', Selasa (13/7/2021). Foto: RES

Selama pandemi Covid-19, kuliah online menghadirkan kebiasaan baru bagi mahasiswa yang tengah menimba ilmu di setiap perguruan tinggi. Dibutuhkan manajemen waktu yang baik untuk tetap dapat mengikuti kuliah secara virtual sekaligus berorganisasi untuk dapat mengembangkan kompetensi dan networking di luar jam kuliah, khususnya bagi mahasiswa hukum Indonesia.

Untuk itu, dalam rangka ulang tahun Hukumonline ke-21 tahun, persoalan kuliah online dipaparkan dalam Program Hukumonline IGFest Life at Law School bertajuk “Tetap Produktif Saat Kuliah Online ala Presiden ALSA Indonesia”. Dalam IG live di akun Instagram Hukumonline tersebut, Presiden ALSA Indonesia Sena Suditomo membagikan beberapa tips terkait kuliah online, khususnya untuk mahasiswa hukum.

Sena Suditomo mengatakan selama masa pandemi ini “memaksa” para mahasiswa untuk kuliah secara online dari rumah masing-masing meski mereka menginginkan sekali untuk belajar bersama teman-teman di ruang kelas. Menurutnya, salah satu cara belajar yang efektif untuk mahasiswa hukum secara online, selain membaca buku dan internet, juga mengikuti online course.

Saat ini, online course mengenai persoalan hukum banyak diselenggarakan sejumlah lembaga. Salah satunya di Hukumonline di laman learning.hukumonline.com. “Dalam kuliah online, kita masih bisa bersosialisasi, berorganisasi, dan membuka networking baik di dalam negeri maupun di luar negeri, contohnya bergabung dengan ALSA Indonesia,” kata Sena Suditomo dalam IG Live Hukumonline, Selasa (13/7/2021). (Baca Juga: Pandemi dan Refleksi Perkuliahan Hukum)

Sedikit memberi informasi, sebelum lanjut ke tips berikutnya. Sena menjelaskan bila bergabung dengan ALSA Indonesia seseorang dapat memiliki keterampilan hukum dan mengembangkannya dengan baik. Hal tersebut berguna saat terjun ke dunia profesional. Terlebih, nantinya pihaknya memiliki networking di dalam kampus dan di luar kampus.

Selanjutnya, tips bagi mahasiswa hukum yang kuliah online agar tetap produktif tentunya harus mencari tempat belajar yang nyaman, lingkungan yang nyaman karena pasti dalam kuliah online ada saja gangguannya. “Kuncinya, jangan malas, malas berasal dari diri kita sendiri. Bila sudah kelelahan bisa beristirahat terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas,” lanjutnya.  

Bagi mahasiswa hukum yang mengambil program keterampilan (skill) hukum itu sangat baik untuk menunjang karir profesi hukum. “Dalam kuliah hukum ini tentu ingin belajar membangun karir ke depan. Seperti belajar leadership dan berkomunikasi yang baik atau public speaking,” paparnya.  

Berita Terkait