Terbaru

Dukung Inovasi Anak Bangsa dalam Ajang The ALITA SOLIA Awards 2021!

Mewakili Indonesia, salah satu inovasi Hukumonline—Regulatory Compliance System atau RCS—menjadi nomine kategori Legal Transformation Project dalam The ALITA SOLIA Awards 2021.
Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Dukung Inovasi Anak Bangsa dalam Ajang The ALITA SOLIA Awards 2021!
Hukumonline

Menerbitkan berbagai peraturan di setiap sektor usaha menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengakomodasi dinamika perkembangan bisnis yang kian pesat. Sebagai contoh, kita mengenal Undang-Undang Cipta Kerja dengan 59 Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja; yang wajib dipatuhi oleh setiap pelaku usaha demi peningkatan kinerja maupun kepatuhan sistem hukum Indonesia.

 

Namun, menjaga kepatuhan hukum perusahaan adalah sebuah tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Pasalnya, setiap perubahan pasal dapat berimplikasi terhadap peraturan lain, bahkan memiliki risiko hukum dan bisnis. Belum lagi, kesulitan dalam memahami regulasi dan memetakan sanksi maupun kewajiban, jika pengguna tak memiliki latar belakang hukum.

 

Regulatory Compliance System (RCS) hadir sebagai upaya Hukumonline untuk menunjang kinerja para mitra, khususnya entitas bisnis dalam upayanya meningkatkan kepatuhan hukum. Kami memahami, menjaga kepatuhan hukum bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak regulasi, dokumen, standard operating procedure (SOP), hingga petunjuk teknis yang berkaitan satu sama lain. Upaya ini dapat dimaksimalkan dengan bantuan sistem terintegrasi yang fokus pada bidang yang digeluti perusahaan.

 

RCS mempermudah entitas bisnis dalam memonitor dan mengevaluasi perkembangan kepatuhan hukum perusahaan secara responsif. Melalui tampilan antarmuka intuitif, akses terhadap laman daftar kewajiban, sanksi, maupun status kepatuhan hukum pun dapat ditelusuri hanya dengan sekali klik karena tersedia secara real time. Tentu, dengan RCS, proses audit akan jauh lebih mudah dan efisien. RCS sendiri telah digunakan oleh beberapa entitas bisnis dari berbagai sektor industri.

 

"Disrupsi teknologi menjadi hal yang tak terelakkan di bidang hukum. RCS adalah salah satu bentuk inovasi nyata Hukumonline dalam menjawab kebutuhan pengguna serta tantangan zaman. RCS juga kami dedikasikan untuk kemajuan kepatuhan hukum di Indonesia,” kata Chief Executive Officer Hukumonline, Arkka Dhiratara.

 

Lebih dari dua dekade, Hukumonline sebagai legal-tech company terus mewujudkan komitmennya dalam menyediakan akses terhadap regulasi maupun edukasi hukum, demi meningkatkan pemahaman masyarakat dan memudahkan pekerjaan para praktisi. Melalui serangkaian inovasi terbaru, kami menyadari, perjalanan komitmen ini tidak dapat ditempuh sendirian. Untuk itu, Hukumonline berterima kasih kepada para pembaca serta pelanggan dari Hukumonline yang telah menjadikan kami sebagai 'rumah' bagi komunitas hukum terbesar di Indonesia.

 

Mewakili Indonesia, RCS telah terpilih sebagai nomine kategori ‘Legal Transformation Project’ dalam The ALITA SOLIA Awards 2021. Kategori ini diberikan kepada proyek atau produk yang mengadopsi teknologi dalam setiap inovasi hukum yang diluncurkan. Ajang penghargaan yang melingkupi kawasan Asia-Pasifik ini memiliki sejumlah misi, seperti mempromosikan perkembangan dan manfaat teknologi hukum; memberikan pemahaman yang lebih baik terkait inovasi hukum; serta memperluas koneksi, kolaborasi, dan koordinasi di antara teknologi hukum, firma, hingga perusahaan teknologi.