Pojok MPR-RI

Diresmikan Bamsoet, Stage Park Sentul Pemuas Dahaga Pereli

Stage Park Sentul menjadi pemuas dahaga para pereli, karena melengkapi keberadaan sirkuit sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross, yang sudah ada di berbagai kota seperti Tanjung Lesung Banten, Muara Bungo Jambi, Medan, Makassar, dan berbagai daerah lain.
Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa.
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa.

BOGOR - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung Stage Park Sentul yang dibangun promotor D MotoBatWAR atas kepedulian pereli senior sekaligus tokoh otomotif Indonesia Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto. Pembangunannya memenuhi standar IMI dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sehingga bisa digunakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan berbagai kejuaraan balap berskala internasional seperti Asia Pacific Rally Championship (APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga MXGP. 

Hukumonline.com

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa.

"Lokasi Stage Park Sentul sangat strategis, tidak jauh dari Jakarta. Berada di kawasan pegunungan dengan pemandangan indah Sentul Selatan, Kabupaten Bogor. Di sekitarnya terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti hotel, rumah makan, hingga rumah sakit. Memudahkan para pembalap dan official team yang akan bertanding," ujar Bamsoet dalam soft launching Stage Park Sentul, di Kabupaten Bogor, Sabtu (8/10/21). 

Selain Tommy Soeharto turut hadir pengurus IMI Pusat, antara lain Ketua Badan Pembina Letjen TNI AM Putranto, Badan Pembina Prasetyo Edi Marsudi dan Tinton Soeprapto, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Deputi Olahraga Mobil Lola Moenek, Direktur Sosial dan Lingkungan Hidup Darma Mangkuluhur Hutomo, Ketua Komisi IT Roy Suryo, Komisi Sosial Kombes Pol Putu Putra Sedana, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, serta Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi. Hadir pula Kepala Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Laksamana Madya Aan Kurnia, dan Ketua Kwarnas Pramuka sekaligus Direktur Utama Bulog yang juga pembina IMI Komjen Pol (purn) Budi Waseso. 

Hukumonline.com

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa.

Pengurus D MotoBatWAR yang hadir antara lain Advisor Moko Karsono dan Brigjen Pol Dwi Irianto, Secretary General Tomi Hadi, Financial Badawi, Field Coordinator Arief Suryono, Administration Work Wijaya Kusuma, serta Track Designer Herry Luthfi. 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Stage Park Sentul menjadi pemuas dahaga para pereli, karena melengkapi keberadaan sirkuit sprint rally, speed offroad, adventure offroad, hingga motocross, yang sudah ada di berbagai kota seperti Tanjung Lesung Banten, Muara Bungo Jambi, Medan, Makassar, dan berbagai daerah lain. Keberadaannya sekaligus menyemarakan kawasan Sentul sebagai pusat sport automotive tourism di Indonesia, karena juga telah memiliki Sirkuit Internasional Sentul dan Sirkuit Internasional Karting Sentul. 

"Tidak hanya menyediakan lintasan sirkuit untuk balap, pengelola Stage Park Sentul juga menyediakan pelatihan rally dengan menggunakan instruktur terlatih dan berpengalaman. Siapapun bisa belajar menaklukan permukaan aspal dan kerikil, sekaligus belajar berbagai gaya pengiriman daya termasuk penggerak roda depan, penggerak roda belakang, hingga penggerak empat roda," jelas Bamsoet. 

Hukumonline.com

Soft launching Stage Park Sentul, di Kabupaten Bogor. Foto: Istimewa.


Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, kehadiran Stage Park Sentul juga mampu menyerap banyak lapangan pekerjaan seperti marshall, yang akan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Termasuk menggairahkan UMKM setempat, karena dengan hadirnya Stage Park Sentul, akan banyak kegiatan balap yang mendatangkan banyak pengunjung. 

"UNWTO (United Nations World Tourism Organizations) menyebutkan bahwa sport tourism adalah sektor wisata yang pertumbuhannya paling cepat, mencapai 6 persen per tahun atau senilai USD 600 miliar per tahun. Sport tourism juga memberikan kontribusi 25 persen dari total penerimaan industri wisata dunia. Bahkan pasca pandemi Covid-19, diprediksi akan banyak warga dunia yang memilih berwisata di lokasi yang menyiapkan event olahraga. Potensi ini harus bisa diambil oleh pengelola Stage Park Sentul," kata  Bamsoet.