Apa Itu Stalker dan Adakah Jerat Hukumnya?

Bacaan 5 Menit
Apa Itu <i>Stalker</i> dan Adakah Jerat Hukumnya?
Pertanyaan

Saya perempuan yang sudah bertunangan, dan sebentar lagi akan menikah. Sudah hampir 3 tahun ini, ada seseorang yang berusaha mendekati saya, sebut saja X, teman SMA saya. Selama di SMA pun saya tidak terlalu mengenalnya. Baru pada saat reuni 3 tahun lalu, kami bertemu lagi. Tapi sejak itu, saya mulai merasa terganggu dengan SMS dan telepon dari X. Saya tidak pernah menjawabnya. Setelah setahun, dia semakin menggila dan bahkan meneror nomor HP calon suami saya. Di tahun kedua, kami berdua sepakat mengganti nomor HP. Namun X tetap berusaha menggunakan segala cara untuk menghubungi saya. Pesan-pesannya yang provokatif melalui Instant Messenger dan email sengaja saya save sebagai bukti. Saya menegaskan, supaya jangan mengganggu. Saat saya pindah rumah, X bahkan dapat memanipulasi teman saya yang tidak tahu apa-apa untuk mencari tahu rumah saya dan mendapat nomor telepon rumah saya. Beberapa kali dia menelepon rumah, marah-marah karena bukan saya yang mengangkat telepon. Saya merasa terintimidasi dan ketakutan jika saja X datang dan melakukan tindakan yang mengancam jiwa kami. Adakah tindakan hukum yang bisa saya lakukan? Karena setahu saya, di Amerika ada UU yang melarang stalker atau penguntit. Apakah Indonesia juga mengaturnya? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Stalker adalah seseorang yang secara ilegal mengikuti dan mengawasi seseorang yang lain yang didasari dengan obsesi. Stalker biasanya mengobservasi dan berkontak dengan korban dengan tujuan untuk memiliki kedekatan dengan korban. Bahkan stalker mengikuti korban sampai ke tempat tinggalnya dan ke mana pun beraktivitas.

Di Indonesia sendiri tidak diatur undang-undang secara khusus tentang stalker. Meski demikian, hukum positif di Indonesia mengatur berbagai pasal terkait pengancaman, antara lain dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik beserta perubahannya.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.