Syarat Tenaga Kerja Asing Bisa Bekerja di Indonesia

Bacaan 8 Menit
Syarat Tenaga Kerja Asing Bisa Bekerja di Indonesia
Pertanyaan

Bagaimana prosedur pelaporan tenaga kerja asing yang belum memenuhi syarat bekerja di Indonesia? Apa saja syarat tenaga kerja asing untuk dapat bekerja di Indonesia?

Intisari Jawaban
?
Tenaga Kerja Asing (?TKA?) yang dipekerjakan oleh pemberi kerja wajib memenuhi persyaratan, antara lain yaitu memiliki pendidikan yang sesuai dengan kualifikasi jabatan yang akan diduduki oleh TKA dan memiliki sertifikat kompetensi atau memiliki pengalaman kerja paling sedikit 5 (lima) tahun yang sesuai dengan kualifikasi jabatan yang akan diduduki TKA.
?
Prinsipnya, jika TKA tidak memenuhi syarat sebagaimana ditetapkan dalam peraturan? perundang-undangan, maka TKA tersebut tidak dapat dipekerjakan oleh pemberi kerja. Ini karena untuk dapat mempekerjakan TKA, perusahaan atau pemberi kerja wajib memiliki izin tertulis dari Menteri Ketenagakerjaan atau pejabat yang ditunjuk. Izin yang dimaksud adalah izin mempekerjakan TKA yang berupa pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).
?
Pelaporan yang dimaksud dalam UU Ketenagakerjaan dan peraturan pelaksananya adalah pelaporan menggunakan jumlah TKA dan tenaga kerja lokal yang wajib dilakukan pemberi kerja. Pemberi kerja TKA wajib melaporkan penggunaan TKA kepada Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika