Ganjar Capres Sarjana Hukum Pertama, Mahfud MD Cawapres Profesor Hukum Pertama
Melek Pemilu 2024

Ganjar Capres Sarjana Hukum Pertama, Mahfud MD Cawapres Profesor Hukum Pertama

Keduanya berduet sebagai pasangan capres-cawapres nomor urut tiga dalam Pemilu 2024. Sama-sama lulusan kampus hukum ternama di Yogyakarta.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan M. Mahfud MD. Foto: Instagram Ganjar Pranowo
Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan M. Mahfud MD. Foto: Instagram Ganjar Pranowo

Debat perdana calon Presiden dan Wakil Presiden (capres-cawapres) telah digelar Selasa (12/12/2023) malam. Isu hukum menjadi salah satu sorotan mengingat 5 dari 11 panelis sesi debat adalah para doktor hukum bahkan bergelar Profesor. Penting dicatat bahwa Capres Ganjar Pranowo adalah kandidat presiden bergelar sarjana hukum yang pertama dalam sejarah Republik Indonesia. Di sisinya, M. Mahfud MD. adalah profesor hukum pertama yang menjadi cawapres sejak pemilu era reformasi digelar.

Penelusuran Hukumonline mencatat ayah Ganjar berprofesi sebagai pensiunan polisi saat Ganjar menempuh studi sarjana hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Karier Ganjar setelah lulus dimulai pada tahun 1995-1999 sebagai konsultan pengembangan sumber daya manusia di PT Prakarsa.

Rekam jejak karier profesional lainnya tidak terungkap detail selain pernah bekerja di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti. Ia mulai terjun berpolitik praktis sebagai anggota DPR-RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Pemilu 2004. Ganjar tidak terpilih karena kekurangan jumlah suara, tetapi akhirnya mengisi kursi pengganti antar waktu.

Baca Juga:

Karier Ganjar sebagai anggota parlemen berlanjut hingga Pemilu 2009. Namun, ia berhenti sebelum akhir periode untuk mengikuti pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2013. Pada tahun yang sama, ia menuntaskan studi Magister Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Ganjar berhasil terpilih dan menjabat Gubernur hingga dua periode yang berakhir tahun 2023.

Sejak tahun 2014, Ganjar menjabat Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada selama dua periode yaitu 2014-2019 dan 2019-2024. Selain ayahnya yang pensiunan polisi, ada anggota keluarga Ganjar lainnya yang berkarier dalam dunia penegakan hukum. Hakim Agung Kamar Perdata Pri Pambudi Teguh diketahui adalah kakak kandung Ganjar.

Masih sesama lulusan hukum asal Daerah Istimewa Yogyakarta, Mahfud MD, menempuh studi sarjana hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII). Mahfud MD juga berkuliah di Universitas Gadjah Mada pada saat yang sama pada jurusan Sastra Arab. Mahfud MD juga tercatat menempuh Pendidikan Hakim Islam Negeri di Yogyakarta pada jenjang sekolah menengah atas. Gelar Magister Ilmu Politik dan Doktor Ilmu Hukum diraih Mahfud MD dari Universitas Gadjah Mada.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait