KPK Tangkap Auditor BPK Jabar
Berita

KPK Tangkap Auditor BPK Jabar

Diduga, penyerahan uang dimaksudkan pengelolaan keuangan Pemkot Bekasi mendapat opini WTP dari BPK Jabar.

Inu
Bacaan 2 Menit
KPK tangkap auditor BPK Jawa Barat. Foto: Sgp
KPK tangkap auditor BPK Jawa Barat. Foto: Sgp

KPK menangkap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di rumahnya di Bandung. Dia diduga menerima uang Rp200 juta dari pegawai Pemerintah Kota Bekasi.

 

"Benar ditangkap di kediamannya, Senin (21/6) malam di Jalan Lapangan Tembak, Cikutra, Bandung," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi SP di kantornya, Selasa (22/6).

 

Johan menguraikan, Senin pagi KPK mendapat informasi bakal ada penyerahan uang pada Kasubdit Auditoriat BPK Wilayah Jabar III berinisial S. Diduga pemilik inisial S itu adalah Suharto.

 

Awalnya,  lanjut Johan,  informasi yang didapat, penyerahan uang dilakukan di satu tempat tertentu.  Namun, rencana tersebut terus berubah dan akhirnya disepakati di rumah S.

 

KPK lalu membentuk tim untuk memantau sekaligus melakukan penangkapan jika terjadi transaksi ke Bandung. Tim tersebut adalah gabungan dari Direktorat Pengaduan Masyarakat, Direktorat Penyelidikan, dan Direktorat Penyidikan KPK.

 

Lalu, dua pegawai Pemkot Bekasi, yaitu HL (Heri Lukmanto), inspektur wilayah kota Bekasi dan HS (Heri S), Kabid Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bekasi bersama supir meluncur dari Bekasi ke rumah S.

Halaman Selanjutnya:
Tags: