Hamdan Zoelva, Nahkoda Baru MK
Berita

Hamdan Zoelva, Nahkoda Baru MK

Seperti Akil, Hamdan berlatarbelakang advokat dan politisi.

ASH
Bacaan 2 Menit
Hamdan Zoelva, Nahkoda Baru MK
Hukumonline

MK akhirnya memiliki ketua dan wakil Ketua yang baru. Melalui Rapat Pleno yang digelar di Gedung MK, Hamdan Zoelva terpilih sebagai Ketua MK untuk Periode 2013-2016, sedangkan Arief Hidayat terpilih sebagai Wakil ketua MK untuk periode yang sama.

“Atas nama MK, kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada sore ini, MK berhasil melakukan pemilihan ketua dan wakil ketua MK untuk Periode 2013-2016,” kata Hamdan, usai pemilihan di Ruang Sidang Pleno Gedung MK, Jum’at (1/11).  

Hamdan mengatakan melihat situasi dan kondisi MK saat ini menjadikan tugas dan dan tanggung jawab pimpinan MK dalam satu tahun ke depan akan sangat berat. Untuk itu, Hamdan berharap selama menjalani amanah sebagai ketua MK akan mendapatkan hidayah (petunjuk) dari Allah SWT.    

“Kami berdua Insya Allah memohon doa agar kami diberikan petunjuk agar selalu berada di jalan yang benar dan lurus. Kami berdua bersama seluruh hakim konstitusi secara bersama-sama akan bekerja keras dan penuh tanggung jawab untuk menegakkan kembali citra dan kehormatan MK yang sebulan terakhir ini menghadapi situasi yang sulit dan citranya sangat rendah,” ungkapnya.

Selain meminta dukungan hakim konstitusi, Hamdan meminta dukungan seluruh karyawan di lingkungan MK dan seluruh masyarakat Indonesia. Bersama wakilnya, Hamdan secara khusus meminta doa restu agar MK kembali tegak dan berwibawa, kembali dipercaya masyarakat, dan menjadi lembaga peradilan yang kredibel. 

Pihaknya, berjanji akan mengambil langkah-langkah konkret dalam waktu dekat dengan melakukan deteksi dini (early warning), terutama dalam menjaga dan menegakkan wibawa MK. Selain itu, pekerjaan-pekerjaan berat lainnya menata dan meningkatkan kemampuan, kapasitas dari seluruh komponen yang mendukung pekerjaan MK di lingkungan kepaniteraan dan kesekjenan.

Secara khusus, mantan politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini juga berjanji akan menata peningkatan integritas MK. “Itulah yang paling pokok yang akan kami lakukan pada masa-masa awal, minimal dalam satu tahun ke depan ini,” janjinya. 

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait