Senin, 10 Oktober 2011
Dibaca: 21312
Pertanyaan :
Hak Pemegang Saham Jika Saham Digadaikan
Bagaimana dengan hak atas saham yang dimiliki oleh pemilik saham dan pemegang gadai atas saham, apakah hak atas saham (suara dalam RUPS, pembagian dividen, etc.) akan beralih juga bersamaan dengan digadaikannya saham kepada pihak lain? Proses gadai tersebut telah sesuai dengan UU Perseroan Terbatas tentang gadai saham.
Jawaban :

Saham memberikan hak kepada pemiliknya untuk:

a.      menghadiri dan mengeluarkan suara dalam RUPS;

b.      menerima pembayaran dividen dan sisa kekayaan hasil likuidasi;

c.      menjalankan hak lainnya berdasarkan UUPT.

(lihat Pasal 52 ayat [1] UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas - “UUPT”).

 

Dalam UUPT kemudian disebutkan bahwa saham merupakan benda bergerak dan dapat diagunkan dengan gadai atau jaminan fidusia sepanjang tidak ditentukan lain dalam Anggaran Dasar (lihat Pasal 60 ayat [1] dan [2] UUPT). Disebutkan pula bahwa hak suara atas saham yang diagunkan dengan gadai atau jaminan fidusia tetap berada pada pemegang saham. Sehingga, meskipun saham tersebut dijadikan sebagai agunan atas utang, hak suaranya tidak beralih (lihat Pasal 60 ayat [4] UUPT).

 

Dalam praktiknya, menurut salah seorang dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Erman Rajagukguk, ada pula debitor yang bukan mengagunkan sahamnya, melainkan mengagunkan dividen yang diperoleh dari saham tersebut, baik untuk sebagian maupun untuk keseluruhannya, bergantung yang diperjanjikan.

 

Hal ini senada dengan pendapat M. Yahya Harahap dalam bukunya “Hukum Perseroan Terbatas” (hal. 275). Yahya menyatakan bahwa hal yang perlu diingat sehubungan dengan pengagunan saham, saham dalam bentuk gadai saham atau jaminan fidusia adalah ketentuan Pasal 60 ayat (4) UUPT yang menegaskan:

-         Hak suara atas saham tersebut, tetap berada pada pemegang saham, bukan beralih kepada pemegang gadai atau penerima jaminan fidusia;

-         Menurut penjelasan pasal ini, ketentuan ini merupkana penegasan kembali asas hukum yang tidak memungkinkan pengalihan hak secara terlepas dari kepemilikan atas saham;

-         Sedangkan hak lain di luar suara seperti hak atas dividen dapat diperjanjikan sesuai dengan kesepakatan di antara pemegang saham dan pemegang agunan.

 

Jadi, dengan diagunkannya saham, hak suara dari pemegang saham tidaklah beralih. Namun, terhadap dividen bisa beralih atau tidak yaitu apabila dividen tersebut menjadi obyek agunan. Semuanya ini harus diperjanjikan antara kreditor dan debitor.

 

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

 

Catatan editor: Klinik Hukum meminta pendapat Prof. Erman Rajagukguk pada 20 September 2011 melalui hubungan telepon.

 

Dasar hukum:

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.