Kamis, 02 Juni 2011
Dibaca: 4485
Pertanyaan :
Perlukah Izin untuk Gunakan Pidato Presiden dalam Film?
Saya membutuhkan informasi mengenai hak cipta. Jika saya ingin menggunakan pidato presiden dalam sebuah karya film, apakah ada hak cipta yang harus saya urus?
Jawaban :

Pengaturan mengenai hak cipta dapat kita temui dalam UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (“UUHC”). Dalam UUHC ini diberikan perlindungan terhadap ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra yang mencakup antara lain ceramah, kuliah, pidato, dan Ciptaan lain yang sejenis dengan itu (lihat Pasal 12 ayat [1] huruf b UUHC).

 

Namun, terkait dengan yang Anda tanyakan yakni bilamana hendak menggunakan pidato Presiden dalam sebuah karya film, Pasal 13 UUHC menentukan bahwa tidak ada hak cipta atas:

a.      hasil rapat terbuka lembaga-lembaga Negara;

b.      peraturan perundang-undangan;

c.      pidato kenegaraan atau pidato pejabat Pemerintah;

d.      putusan pengadilan atau penetapan hakim; atau

e.      keputusan badan arbitrase atau keputusan badan-badan sejenis lainnya.

 

Dengan demikian, pidato kenegaraan atau pidato pejabat Pemerintah (dalam hal ini Presiden) tidaklah memiliki hak cipta dan tidak dilindungi oleh UUHC. Sehingga, merujuk pada ketentuan tersebut di atas, Anda dapat menggunakan pidato Presiden tersebut untuk kepentingan pembuatan film tanpa perlu mengurus lisensi atau izin.

 

Akan tetapi, tetap perlu diperhatikan apabila Anda mengambil pidato tersebut dari berita aktual baik sebagian atau seluruhnya dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, ditentukan bahwa sumbernya harus disebutkan secara lengkap. Bilamana tidak, Anda dapat dianggap melanggar hak cipta (lihat Pasal 14 huruf c UUHC).

 
Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.
 
Dasar hukum:
Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta
 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.