Selasa, 23 Pebruari 2010
Dibaca: 16387
Pertanyaan :
Hukum akta kelahiran
Salam, Saya Andi R ingin bertanya mengenai hukum dalam akta kelahiran. Saya mempunyai seorang teman (mantan pacar) yang baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki. Sebelumnya, ia menikah siri dengan seorang suami orang dan ditinggal cerai. Pria itu tidak mengakui anaknya. Untuk membuat akta kelahiran anaknya, teman Saya meminta izin dari Saya untuk menggunakan nama Saya sebagai Ayah dalam akta tersebut. Bagaimanakah hukumnya dalam masalah ini? Saya merasa janggal dengan permintaannya tersebut. Bila dapat terjadi tuntut-menuntut sekiranya dia menggunakan nama Saya dalam akta tersebut, langkah hukum apakah yang harus Saya lakukan? Perlu diketahui, Saya dan teman ini sudah lebih dari enam tahun silam bubar dan tidak pernah menjalin hubungan sama sekali sejak itu, dan Saya sekarang menetap di Jogjakarta sedangkan dia di Medan. Terima kasih.
Jawaban :

Anda tidak boleh mengakui anak dari teman Anda tersebut. Apabila terjadi, dengan mengakui anak tersebut sebagai anak Anda dalam akta kelahiran anak teman Anda tersebut, Anda dapat dikenakan tindak pidana penggelapan asal usul anak. Pasal 277 KUHP yang berbunyi, “Barangsiapa dengan suatu perbuatan sengaja menggelapkan asal-usul seseorang, diancam karena penggelapan asal-usul, dengan pidana penjara paling lama enam tahun.” 

Teman Anda tetap dapat mengurus akta kelahiran anaknya di Kantor Catatan Sipil setempat, walaupun tidak dapat dicantumkan siapa ayah anak tersebut. Anak teman Anda statusnya adalah anak luar kawin (pasal 2 ayat [2] UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan). Di dalam pasal 43 UU Perkawinan juga ditetapkan bahwa anak yang dilahirkan di luar perkawinan hanya mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya. Oleh karena itu, dalam akta kelahiran tersebut akan disebutkan bahwa anak tersebut adalah anak dari ibunya. 

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
PENJAWAB : Alfi Renata, S.H.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.