Selasa, 01 Pebruari 2011
Dibaca: 65796
Pertanyaan :
Ujian PPAT
Mohon infonya di tahun 2011, kapan akan diadakan ujian PPAT untuk calon notaris?
Jawaban :

Hasil konfirmasi kami kepada Sub Direktorat Peralihan Pembebanan Hak dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (“PPH dan PPAT”) pada Badan Pertanahan Nasional (“BPN”) menyatakan bahwa jadwal ujian calon PPAT 2011 untuk sementara belum dapat diinformasikan. Pengumuman mengenai waktu pelaksanaan ujian PPAT dapat dilihat langsung pada website BPN yaitu di http://www.bpn.go.id/home.aspx.

 

Dalam Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 1998 tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (“PP 37/1998”) sendiri tidak disebutkan adanya ketentuan mengenai waktu pengadaan ujian bagi calon PPAT ini. Dalam prakteknya memang ujian PPAT tidak selalu diadakan setiap tahun. Dengan demikian, para calon PPAT diharapkan untuk lebih sering membuka website BPN untuk dapat mengetahui kapan ujian PPAT ini dilaksanakan.

 

Yang dapat menjadi PPAT, menurut Pasal 6 f PP 37/1998, sebenarnya tidak hanya calon notaris atau lulusan program pendidikan spesialis notariat saja, tapi juga lulusan program pendidikan khusus PPAT yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi. Tapi,dalam prakteknya peserta ujian PPAT diutamakan bagi yang telah menjabat notaris (lihat Pengumuman tentang Pendaftaran Ujian PPAT Tahun 2009).

 
Boks: Persyaratan mengikuti ujian PPAT

Persyaratan untuk dapat mengikuti ujian PPAT diatur lebih lanjut dalam Pasal 14 Peraturan Kepala BPN No. 23 Tahun 2009 tentangKetentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (“PKBPN 23/2009”) memberikan persyaratan bagi calon PPAT yang akan mengikuti ujian PPAT, yaitu calon PPAT harus berusia paling kurang 30 tahun dan wajib mendaftar pada panitia pelaksana ujian BPN dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

a.         fotocopy KTP yang masih berlaku (bukti kewarganegaraan Indonesia);

b.         pas photo berwarna dengan ukuran 4X6 sebanyak 3 (tiga) lembar; dan

c.           fotocopy ijazah S1 dan Program Pendidikan Khusus PPAT yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;

 

Sedangkan, materi yang akan diujikan dalam ujian PPAT antara lain mencakup materi Hukum Pertanahan Nasional, Organisasi dan Kelembagaan Pertanahan, Pendaftaran Tanah, Peraturan Jabatan PPAT, Pembuatan Akta PPAT, dan Etika profesi (lihat Pasal 12 PKBPN 23/2009).

 
 
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.
 
Dasar Hukum:

1.         Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 1998 tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah

2.         Peraturan Kepala BPN No. 23 Tahun 2009 tentangKetentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 Tentang Peraturan Jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah.

 

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
MITRA : Bung Pokrol
Saat ini sudah tidak bekerja di Hukumonline. Namun dulu pernah bergabung di Divisi Klinik.