40 Calon Hakim MA Bakal Ikuti Seleksi Kesehatan-Kepribadian
Terbaru

40 Calon Hakim MA Bakal Ikuti Seleksi Kesehatan-Kepribadian

KY berharap publik dapat memberikan informasi atau pendapat tertulis tentang rekam jejak para calon hakim MA tersebut.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Anggota KY M. Taufiq HZ (kedua dari kanan) saat menyampaikan pengumuman seleksi kualitas CHA dan Hakim Ad Hoc HAM pada MA di Gedung KY Jakarta, Kamis (13/7/2023). Foto: Humas KY
Anggota KY M. Taufiq HZ (kedua dari kanan) saat menyampaikan pengumuman seleksi kualitas CHA dan Hakim Ad Hoc HAM pada MA di Gedung KY Jakarta, Kamis (13/7/2023). Foto: Humas KY

Komisi Yudisial (KY) telah mengumumkan 34 orang Calon Hakim Agung (CHA) dan 6 orang Calon Hakim Ad Hoc Hak Asasi Manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) yang berhasil lolos di seleksi tahap II yakni seleksi kualitas. KY berharap publik dapat memberikan informasi atau pendapat tertulis tentang rekam jejak para calon hakim MA tersebut.  

Pengumuman seleksi kualitas itu disampaikan Anggota KY M. Taufiq HZ di Kantor KY Jakarta. “Kita minta publik memberikan masukan terkait informasi atau pendapat tertulis tentang rekam jejak terkait integritas, kapasitas, perilaku dan karakter para calon paling lambat 31 agustus 2023 di alamat e-mail: [email protected] atau di Jalan Kramat Raya Nomor 57, Jakarta Pusat,” ujar M. Taufiq HZ dalam konferensi pers, Kamis (13/7/2023).  

Taufiq menerangkan para calon yang lulus seleksi kualitas berhak mengikuti tahap III yaitu seleksi kesehatan dan kepribadian pada Minggu Kedua Agustus 2023. “Seleksi kualitas untuk mengukur penguasaan keilmuan dan keahlian CHA, terutama terkait kompetensi teknis yang dibutuhkan dalam mengadili perkara. Penetapan kelulusan seleksi kualitas tersebut dibahas dalam rapat pleno KY pada pagi hari tadi, Kamis 13 Juli 2023 di ruang rapat Pimpinan KY,” kata Taufiq.

Baca Juga:

Taufiq merinci lebih lanjut para CHA yang lulus seleksi kualitas sebanyak 6 orang memilih kamar perdata; 24 orang memilih kamar pidana; dan 4 orang tata usaha negara khusus pajak. Berdasarkan jenis kelamin terdiri dari 28 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Sementara berdasarkan tingkat pendidikan sebanyak 13 orang bergelar magister dan 21 orang bergelar doktor.

“Para CHA yang lolos seleksi kualitas didominasi hakim karier sebanyak 27 orang. Sisanya terdiri dari akademisi sebanyak 2 orang, pengacara sebanyak 2 orang, dan 3 orang berprofesi lainnya,” lanjut Taufiq.

Sementara untuk Calon Hakim Ad Hoc HAM di MA, KY meluluskan sebanyak 6 orang calon yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Berdasarkan tingkat pendidikan, sebanyak 2 orang bergelar magister dan 4 orang bergelar doktor.

“Para calon yang berprofesi sebagai pengacara sebanyak 3 orang dan akademisi sebanyak 3 orang,” bebernya.

Ia mengingatkan para calon yang akan mengikuti seleksi kesehatan dan kepribadian, tetapi tidak mengikuti tes seleksi sesuai jadwal akan dinyatakan gugur. lebih lanjut, ia meminta kepada peserta seleksi untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu keberhasilan/kelulusan dalam proses seleksi calon hakim ini.

Seperti diketahui, proses seleksi dilakukan sesuai permintaan MA untuk mengisi posisi 10 calon hakim agung yang terdiri dari 1 hakim agung kamar perdata, 8 hakim agung kamar pidana, dan 1 hakim agung kamar TUN, khusus pajak, serta 3 Hakim Ad Hoc HAM di MA.

Tags:

Berita Terkait