Anindita Widyasari : Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Memiliki Growth Mindset
Terbaru

Anindita Widyasari : Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Memiliki Growth Mindset

Perempuan yang memiliki kebermanfaatan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya dengan menunjukkan bahwa perempuan dapat sukses dan bermanfaat bagi lingkungan.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Anindita Widyasari - Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Memiliki Growth Mindset
Anindita Widyasari - Menjadi Perempuan Berdaya Dengan Memiliki Growth Mindset

Perempuan merupakan salah satu kelompok masyarakat yang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Perempuan tidak hanya memiliki peran sebagai ibu, istri, dan pendidik bagi anak-anak, tetapi juga memiliki banyak kemampuan dan bakat yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan diri dan lingkungan sekitar. Anindita Widyasari Head, Corporate Function, Legal Management & Projects PT. Maybank Indonesia, Tbk membagikan perspektifnya mengenai perempuan berdaya, “Perempuan yang memiliki kemampuan dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Perempuan yang percaya diri untuk mengatasi berbagai tantangan meskipun bukan berarti harus menguasai segala hal.” Pencapaian yang diraih Anindita, bukan terjadi secara instan. Berbekal kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi dan kerja keras adalah kunci pencapaiannya.

Perempuan yang memiliki kebermanfaatan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya dengan menunjukkan bahwa perempuan dapat sukses dan bermanfaat bagi lingkungan, sehingga perempuan lain juga dapat terinspirasi untuk mengembangkan potensi dan kemampuan mereka sendiri. Seorang perempuan berdaya juga harus belajar untuk memiliki kemampuan beradaptasi karena dengan begitu ia akan tahu apa yang sedang terjadi di sekitarnya dan bagaimana cara untuk menghadapinya. Alm.

Ibunda Anindita adalah role model perempuan berdaya bagi dirinya, “Saya belajar banyak dari Alm. Ibu saya yang juga seorang wanita karir yang juga aktif dalam kegiatan di luar dan tetap memperhatikan suami dan anak-anaknya.” ungkap Anindita. Oleh karenanya, penting untuk menanamkan growth mindset dan menyingkirkan fixed mindset. Growth mindset merupakan pola pikir yang terus berkembang dan mau berusaha dengan ketekunan. Ketika sudah menanamkan growth mindset dalam pikiran, maka seseorang akan terus mencari jalan dan berusaha menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

R9FdLXsWik2qr5uexVHrWutaykMiqRypaJZkDAb2

Anindita Widyasari menambahkan bahwa untuk menjadi perempuan berdaya, seorang perempuan harus terbuka terhadap perubahan dan tidak takut untuk mencoba hal-hal baru, “Perempuan yang percaya diri untuk mengatasi berbagai tantangan meskipun bukan berarti harus menguasai segala hal.” Hal ini penting karena perubahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tanpa kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, seseorang akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dan akan mengalami kesulitan dalam mencapai keberhasilan.

Ia juga kerap memberikan semangat kepada rekan kerjanya, “Kalau kita yakin bisa, kita pasti bisa dan sudah banyak sekali contoh perempuan yang berhasil menduduki posisi penting. Mindset kita harus yakin bahwa kita bisa.” Dengan kepercayaan diri dan usaha yang maksimal tentu perempuan bisa menggapai apapun yang mereka inginkan termasuk dalam pencapaian karir.

PT. Bank Maybank Indonesia Tbk, baru-baru ini memenangkan penghargaan kategori Indonesia’s Most Innovative In House Counsel Team sektor Banking and Finance yang diadakan oleh Hukumonline, 2 Desember 2022 lalu. Anindita Widyasari membagikan ceritanya menjadi seorang leader membuatnya perlu memahami karakter setiap anggota tim dan menyadari bahwa setiap anggota tim memiliki kelebihan dan kekurangan. “Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, ia dapat memberdayakan kelebihan dan coaching kekurangan mereka untuk perbaikan.” lebih lanjut ia menjelaskan, “Dengan senang hati saya akan melakukan coaching bagi sesama perempuan yang membutuhkan dukungan dalam mengembangkan karirnya.” ujar Anindita kepada tim Hukumonline.

Dengan begitu, ia dapat mengelola tim nya dengan maksimal demi mencapai tujuan bersama. Selain itu komunikasi dua arah yang baik dengan anggota tim adalah kunci keberhasilan tim. “Membangun hubungan yang baik dan terbuka dengan anggota tim di mana anggota tim juga berhak untuk menyampaikan pendapat, usulan, dan keluhan akan membantu tim untuk bekerja secara efektif dan harmonis.” ungkap Anindita.

Halaman Selanjutnya:
Tags: