Terbaru

2 Cara Mengecek Nomor BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Ada dua cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu. Pertama melalui situs BPOM. Kedua melalui aplikasi. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu. Sumber: pexels.com
Ilustrasi cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu. Sumber: pexels.com

Nomor BPOM wajib tercantum pada berbagai produk, termasuk produk kecantikan atau kosmetik. Sederet nomor ini membuktikan bahwa kosmetik tersebut telah lulus uji produk dan aman untuk digunakan. Namun dalam praktiknya, ada saja oknum nakal yang memalsukan nomor BPOM.

Agar terhindar dari produk yang mencatut nomor palsu, cek produk BPOM wajib dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu? Sebelum membahas cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu, penting untuk diketahui bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memiliki tugas khusus.

Kedudukan, tugas, dan wewenang BPOM diatur dalam Perpres 80/2017. Pasal 1 angka 1 Perpres 80/2017 menjelaskan bahwa BPOM adalah lembaga pemerintahan nonkementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan.

Kemudian, Pasal 2 Perpres 80/2017 menerangkan bahwa tugas BPOM dalam urusan pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan, mencakup obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Selanjutnya, perihal kewenangan, sebagaimana termaktub dalam Pasal 4 Perpres 80/2017, BPOM memiliki tiga kewenangan, yaitu:

  • menerbitkan izin edar produk dan sertifikat;
  • melakukan intelijen dan penyidikan di bidang pengawasan obat dan makanan; dan
  • memberikan sanksi administratif.

Izin edar sebagaimana kewenangan BPOM ialah nomor notifikasi atau nomor BPOM yang terdapat pada kemasan kosmetik. Nomor BPOM untuk kosmetik ditandai dengan kode N dan diikuti oleh satu huruf serta 11 digit angka.

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua