Dekan FH Unsika Jabarkan Upaya Wujudkan Visi Inovatif, Kompetitif, dan Unggul
Law School Stories

Dekan FH Unsika Jabarkan Upaya Wujudkan Visi Inovatif, Kompetitif, dan Unggul

Dalam rangka mencapai visi Unsika, FH Unsika telah mempersiapkan sumber daya manusia, khususnya dosen dalam rangka pendampingan dan transfer ilmu.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Dekan FH Unsika Jabarkan Upaya Wujudkan Visi Inovatif, Kompetitif, dan Unggul
Hukumonline

Berdiri sejak 1965, mulanya dikenal sebagai Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (PTPP) terdiri dari dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Barulah pada 12 Juni 1970 melalui SK Nomor 193/DSPT/I/1970 berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Hukum Pangkal Perjuangan (STHPP) dengan status terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda. 10 tahun kemudian, STHPP memperoleh status terdaftar untuk tingkat sarjana melalui SK Nomor: 08/O/1980. 

Tepat pada 2 Februari 1982 silam, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berdiri dengan beberapa fakultas, salah satunya Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang (FH Unsika). Pada 22 Desember 1998, Program Studi/Jurusan Program Studi Ilmu Hukum mendapat Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Re-akreditasi dilakukan pada tahun-tahun selanjutnya hingga di tahun 2020 melalui SK Nomor 7185/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020 diperoleh peringkat nilai B.

Lalu, Unsika diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 123 Tahun 2014 tentang Pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang. Kini, Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang (FH Unsika) memiliki 3 konsentrasi atau peminatan yakni Bidang Hukum Pidana, Bidang Hukum Perdata, dan Bidang Hukum Tata Negara melalui Program Studi S-1 Ilmu Hukum dan S-2 Magister Ilmu Hukum. Belum lama ini, FH Unsika menambah 1 peminatan baru yakni Hukum Ketenagakerjaan.

Dalam sebuah kesempatan, Tim Hukumonline mengunjungi FH Unsika dan mewawancarai langsung Dekan FH Unsika Dr. Imam Budi Santoso pada Rabu (10/1/2024). Ia merupakan alumnus dari FH Unsika dan Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung (FH Unisba). Keahlian akademisi yang juga merangkap sebagai praktisi hukum ini adalah bidang hukum ketenagakerjaan.

Dekan FH Unsika ini menjabarkan program peminatan/penjurusan yang disediakan pihak kampus; keunggulan/keunikan kampus; upaya kampus mewujudkan visi FH Unsika terutama menjadikan FH Inovatif, Kompetitif, dan Unggul; sampai dengan esensi peranan kampus mengarahkan pilihan karier bagi mahasiswanya saat di perkuliahan.

Untuk mengetahui selengkapnya, silahkan simak video berikut ini!

Tags:

Berita Terkait