Dua Pemohon Tarik Permohonan Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week
Terbaru

Dua Pemohon Tarik Permohonan Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week

Pemohon dimaksud adalah PT Tiger Wong Entertainmen dan Indigo Aditya Nugroho.

Fitri Novia Heriani
Bacaan 3 Menit
DJKI mengadakan konferensi pers isu terkini perihal kekayaan intelektual, Selasa (26/7).
DJKI mengadakan konferensi pers isu terkini perihal kekayaan intelektual, Selasa (26/7).

Setelah ramai jadi perbincangan karena sekumpulan remaja adu fashion di Kawasan Sudirman-Jakarta Selatan, Citayam Fashion Week kini kembali menuai perhatian publik.  Bukan karena aksi catwalk remaja di Sudirman, namun karena permohonan merek Citayam Fashion Week yang diajukan oleh beberapa pihak ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Ham (Kemkumham).

Dilansir dari laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual DJKI Kemkumham, terdapat empat permohonan pendaftaran merek untuk nama Citayam. Tiga di antaranya mengajukan permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week atas nama pemohon PT Tiger Wong Entertainment (kode 41), Indigo Aditya Nugroho (kode 41), dan Daniel Handoko Santoso (kode 25). Sementara sisanya mengajukan merek dengan nama Citayam dan dimohonkan oleh PT Tekstil Industri Palekat (kode 25).

Namun dari data terbaru, dua pihak menarik permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week. Dua pemohon dimaksud pertama adalah Indigo Aditya Nugroho yang menarik permohonan pendaftaran pada Senin, (25/7). Adapun keterangan yang ditemukan di laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual DJKI adalah ‘TM (Ditarik Kembali)’.

Baca Juga:

Dalam suratnya, pihak Indigo Aditya Nugroho berpendapat dari awal tidak berniat menguasai merek CFW. Pada surat penarikannya, Indigo Aditya Nugroho menyampaikan bahwa pada mulanya mendaftarkan merek ini atas dasar kekhawatiran merek CFW kehilangan identitas dan orisinalitas acara dan konten-konten yang dibuat oleh para konten kreator lokal yang sejak semula sudah melakukannya.

Merespons pro dan kontra di ruang publik, Plt. Dirjen Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Razilu menyampaikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang mengambil sikap untuk menarik permohonan pendaftaran merek tersebut. Razilu berharap langkah ini dapat ditiru oleh pihak-pihak lain yang turut mendaftarkan merek Citayam Fashion Week untuk menghindari polemik yang terjadi.

“Ini sangat di apresiasi sikap ini, beliau (Indigo Aditya Nugroho) secara fair mengatakan bahwa saya menarik diri karena beliau beranggapan menimbulkan polemic dan harusnya merek ini milik umum. Harapan kita supaya tidak berkelanjutan polemic ini, pihak-pihak yang mengajukan mengambil sikap yang sama menarik kembali sehingga polemik tidak bekelanjutan,” kata Razilu dalam konferensi pers, Selasa (26/7).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait