FH Unej Dorong Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pancasila Melalui Webinar
Terbaru

FH Unej Dorong Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pancasila Melalui Webinar

Penting bagi mahasiswa untuk memahami Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Wakil Dekan III FH Unej Ermanto Fahamsyah dalam webinar nasional Hari Lahir Pancasila bertema Membangun Kepemimpinan Nasional yang Berkarakter Pancasila, Selasa (27/6/2023). Foto: ADY
Wakil Dekan III FH Unej Ermanto Fahamsyah dalam webinar nasional Hari Lahir Pancasila bertema Membangun Kepemimpinan Nasional yang Berkarakter Pancasila, Selasa (27/6/2023). Foto: ADY

Pemerintah telah menetapkan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila. Penetapan itu dilakukan melalui Keputusan Presiden (Keppres) No.24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Selain menetapkan hari lahir, beleid itu memandatkan pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila.

Fakultas Hukum(FH) Universitas Jember (Unej) ikut memperingati hari lahir Pancasila dengan menggelar serangkaian kegiatan. Antara lain webinar nasional ‘Hari Lahir Pancasila’ bertema ‘Membangun Kepemimpinan Nasional yang Berkarakter Pancasila’. Kegiatan tersebut sebagai upaya menanamkan pemahaman Pancasila sebagai dasar negara kepada para mahasiswa.

Wakil Dekan III FH Unej Ermanto Fahamsyah, mengatakan FH Unej Pancasila Fest digelar rutin setiap tahun dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Dalam acara tersebut ada rangkaian kegiatan yang diselenggarakan salah satunya webinar nasional. Acara ini digelar untuk mengingat Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi yang berperan penting menjaga keberagaman masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai pijakan filosifis dalam berbagai aspek kehidungan bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan dan harmoni sosial.

“Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila perlu digelar kegiatan untuk memperluas kesadaran dan pemahaman mahasiswa tentang nilai-nilai Pancasila,” katanya dalam pembukaan kegiatan webinar nasional ‘Hari Lahir Pancasila’ bertema ‘Membangun Kepemimpinan Nasional yang Berkarakter Pancasila’  secara daring, Selasa (27/6/2023).

Baca juga:

Ermanto yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi Kerjasama dan Kelembagaan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) itu berharap webinar nasional tersebut dapat mendorong pemahaman mahasiswa terhadap Pancasila. Dia menilai perlu ada pengajaran yang holistik tentang Pancasila dan berharap forum diskusi itu bisa memantik diskusi yang interaktif. Oleh karena itu tema yang diusung dalam webinar nasional ini sudah tepat yakni Membangun Kepemimpinan Nasional yang Berkarakter Pancasila.

Sementara Deputi Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Kemas Akhmad Tajuddin, berharap banyak kaum muda yang memahami nilai-nilai Pancasila karena mereka akan menjadi generasi penerus yang kelak menjadi calon pemimpin di Indonesia.

Tags:

Berita Terkait