10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Hak Istri Setelah Menggugat Cerai Suami Hingga Hukum Nikah Beda Agama di Indonesia

Rumus hitung warisan untuk anak laki-laki dan perempuan hingga bolehkah uang lembur diganti insentif turut dibahas Klinik Hukumonline.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
​​​​​​​Hak Istri Setelah Menggugat Cerai Suami Hingga Hukum Nikah Beda Agama di Indonesia
Hukumonline

Klinik Hukumonline terus berupaya memberikan akses terhadap informasi hukum yang up-to-date dan terpercaya melalui berbagai artikel yang dikemas dengan ringkas dan mudah dicerna. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga kami sajikan dalam bentuk infografis, video YouTube, dan ada pula layanan chatbot dengan Legal Intelligent Assistant (LIA).

Kamu juga bisa mendengarkan perbincangan isu hukum yang seru dan menarik melalui Hukumonline Podcast lewat berbagai platform podcast yang tersedia.

Berikut ini 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial berdasarkan pemantauan tim Klinik selama sepekan terakhir. Mulai dari hak yang bisa diperoleh istri dari mantan suaminya jika terjadi perceraian atas dasar gugatan cerai dari pihak istri sendiri, hingga bisa tidaknya pernikahan beda agama dilakukan secara sah di Indonesia. Jangan lupa klik masing-masing artikel ya!

  1. Hak-hak Istri Setelah Menggugat Cerai Suami

Pada dasarnya, tidak tertutup kemungkinan dalam perkara cerai gugat, istri sebagai pihak penggugat menuntut nafkah iddah, nafkah mut’ah, dan nafkah anak, sepanjang alasan perceraian bukan karena nusyuz. Yang dimaksud dengan nusyuz adalah perbuatan tidak taat dan membangkang seorang istri terhadap suami (tanpa alasan) yang tidak dibenarkan oleh hukum.

Namun demikian, dikabulkannya permohonan hak istri setelah menggugat cerai suami ini sifatnya kasuistik, tergantung alasan dan kondisi-kondisi yang terjadi.

  1. Rumus Hitung Warisan untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Dalam Kompilasi Hukum Islam, mengenai bagian ahli waris telah diatur dengan jelas. Bagian seorang anak perempuan separuh bagian, bila dua orang atau lebih mereka bersama-sama mendapat dua pertiga bagian. Jika anak perempuan bersama-sama dengan anak laki-laki, maka bagian anak laki-laki adalah dua berbanding satu dengan anak perempuan.

Klik artikel selengkapnya untuk membaca contoh perhitungannya.

  1. Ini Izin Usaha Terbaru untuk Restoran!

Penting untuk memastikan bahwa restoran berada pada lokasi yang sesuai peruntukannya sebagaimana diatur pada Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi setempat.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait