Kaleidoskop 2021

​​​​​​​Ini Dia Top 10 Artikel Premium Stories Sepanjang 2021

Dari mulai status kewarganegaraan ganda, kawin beda agama, hak waris anak tunggal hingga risiko hukum kasus fasum fasos perumahan dibahas Premium Stories Hukumonline.

Oleh:
RED
Bacaan 4 Menit
​​​​​​​Ini Dia Top 10 Artikel Premium Stories Sepanjang 2021
Hukumonline

Hukumonline terus berkomitmen untuk menyajikan artikel hukum yang komprehensif dan mendalam untuk para pembacanya. Komitmen ini terus dilakukan Hukumonline secara konsisten. Sejak September tahun 2020, Hukumonline meluncurkan Premium Stories yang berisi kumpulan artikel premium dan komprehensif yang bisa dibaca dengan lugas oleh para pembaca.

Sejak saat itu, Premium Stories selalu menghadirkan isu-isu hukum terkini dengan menyertakan yurisprudensi, putusan pengadilan, pandangan para ahli dan praktisi sehingga cerita yang diulas semakin mendalam.

Tahun 2021, menjadi tahun penting dalam perjalanan Premium Stories. Sejak dilaunching pada September tahun lalu hingga sekarang, sudah terkumpul lebih dari 320-an artikel indepth yang tersaji di Premium Stories dan bisa Anda nikmati pada setiap ulasannya.

Kali ini, Hukumonline merangkum 10 artikel Premium Stories yang memperoleh pembaca terbanyak sepanjang tahun 2021. Berikut rangkumannya:

  1. Status Kewarganegaraan Ganda dalam Hukum Indonesia

Merujuk UU No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan, Indonesia menganut sedikitnya 4 asas kewarganegaraan, yakni berdasarkan keturunan, asas kewarganegaraan tunggal, berdasarkan tempat kelahiran dan kewarganegaraan ganda terbatas bagi anak-anak. Artikel ini juga mengulas bagaimana cara peroleh kewarganegaraan di Indonesia hingga alasan mengapa pemberlakuan kewarganegaraan ganda tak pelru dirumuskan dalam revisi UU Kewarganegaraan. Anda dapat membaca artikel ini selengkapnya dengan klik tautan di atas.

  1. Jelas, Kawin Beda Agama di Indonesia Sah dengan Penetapan Pengadilan

Kawin beda agama bukan masalah baru di Indonesia. Banyak pasangan yang ternyata terbentur persoalan agama pada saat mereka ingin melangsungkan perkawinan. Apakah perkawinan beda agama sah dicatatkan dalam administrasi negara berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia? Jawabannya sudah pasti iya. Untuk mengetahui secara jelas bagaimana konstruksi hukum dalam undang-undang, putusan Mahkamah Agung, penetapan pengadilan dan putusan Mahkamah Konstitusi mengenai ini, silakan baca selengkapnya dengan klik tautan di atas.

  1. Antara Definisi dan Praktik Rule of Law di Indonesia

Indeks Rule of Law Indonesia mengalami dinamika meskipun tidak pernah mengalami lonjakan signifikan. Pada umumnya Indonesia berada pada level menengah. Misalnya pada tahun 2020, Indonesia menempati posisi 59 dari 128 negara. Posisi ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni ranking 62 dari 126 negara yang disurvei. Dinamika tersebut bukan terjadi begitu saja, terdapat faktor dan indikator yang digunakan dalam penilaian. Apa saja faktor dan indikator tersebut, silakan baca selengkapnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait