Halal Bi Halal ILUNI FHUI 2022 Dorong Alumni Ambil Alih Kepemimpinan Nasional
Utama

Halal Bi Halal ILUNI FHUI 2022 Dorong Alumni Ambil Alih Kepemimpinan Nasional

Mengambil contoh Amerika Serikat yang banyak dipimpin mantan advokat. Belum pernah ada Presiden Indonesia yang berlatar belakangan advokat. Anggota parlemen juga belum didominasi mantan praktisi hukum.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Rapin Mudiardjo, Ketua ILUNI FHUI  2021-2024 menyampaikan sambutan dalam acara Halal Bi Halal ILUNI FHUI 2022. Foto: Amrie
Rapin Mudiardjo, Ketua ILUNI FHUI 2021-2024 menyampaikan sambutan dalam acara Halal Bi Halal ILUNI FHUI 2022. Foto: Amrie

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), Edmon Makarim, mendorong alumni FHUI mengambil alih panggung kepemimpinan Indonesia. Ia menyebut konstitusi Indonesia dengan tegas menyatakan diri sebagai negara hukum. Oleh karena itu, ia meminta lulusan FHUI sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia banyak berkontribusi memimpin Indonesia.

“Indonesia itu negara hukum, jadi tolong jangan bilang hukum hanya jadi panglima, tetapi jadi Raja karena dasar pijakan segalanya,” katanya dalam sambutan acara Halal Bi Halal Ikatan Alumni (ILUNI) FHUI, Sabtu (5/6).

Edmon membandingkan dengan masa perintisan hingga awal kemerdekaan yang banyak diwarnai tokoh bangsa alumni kampus hukum Universitas Indonesia. “Ada kelakar agak kurang enak buat saya. Katanya siapapun calon Presiden tahun 2024 nanti pasti dari UGM. Saya tertawa tapi juga sedih,” kata Edmon berseloroh disambut tawa hadirin.

Ia merujuk catatan sejarah bahwa dulu banyak tokoh pendiri bangsa bergelar sarjana hukum alumni FHUI sebagai kampus hukum tertua di Indonesia.

“Dulu pendiri bangsa Indonesia banyak Meester in de Rechten yang saya yakin lulusan Rechtshogeschool. Saat awal kemerdekaan dan saat reformasi juga masih banyak muncul tokoh bangsa alumni FHUI. Nah, kenapa di kelakar itu tidak muncul alumni FHUI ya?” katanya lagi.

Baca:

Edmon juga membandingkan dengan pengalaman negara maju seperti Amerika Serikat yang banyak dipimpin lulusan hukum. “Amerika memang dirintis George Washington, namun yang membuatnya stabil karena berikutnya lawyer jadi Presiden,” ujar Edmon disambut tepuk tangan hadirin yang banyak dari kalangan profesi hukum termasuk advokat. Penelusuran hukumonline mengkonfirmasi pernyataan Edmon.

Presiden Amerika Serikat yang berlatar belakang profesi advokat ditemukan sejak abad 18 mulai dari John Adams sebagai Presiden Amerika Serikat kedua. Selain itu ada pula Thomas Jefferson, James Madison, John Quincy Adams, Martin Van Buren, John Tyler, James K. Polk, Millard Fillmore, Franklin Pierce, James Buchanan, Abraham Lincoln, Rutherford B. Hayes, James Garfield, Chester A. Arthur, Grover Cleveland, Benjamin Harrison, William McKinley, William Howard Taft, Woodrow Wilson, Calvin Coolidge, Franklin D. Roosevelt, Lyndon B. Johnson, Richard M. Nixon, Gerald R. Ford, William J. Clinton hingga Barack Obama. Setidaknya, Presiden Amerika Serikat dengan latar profesi sebagai advokat sebelum menjadi presiden mencapai lebih dari dua puluh orang dari sekitar 40-an Presiden yang sudah menjabat hingga saat ini. Secara persentase, jumlah itu mencapai separuh lebih

Tags:

Berita Terkait