Ini Dia Profil Tiga Hakim Agung yang Baru Dilantik
Utama

Ini Dia Profil Tiga Hakim Agung yang Baru Dilantik

Ketiga Hakim Agung yang baru dilantik memiliki rekam jejak yang panjang dalam dunia peradilan Indonesia sebagai hakim karier.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Hakim Agung Lucas Prakoso, Lulik Tri Cahyaningrum, Imron Rosyadi. Foto: Humas MA
Hakim Agung Lucas Prakoso, Lulik Tri Cahyaningrum, Imron Rosyadi. Foto: Humas MA

Mahkamah Agung (MA) RI telah melantik 3 wajah baru di kursi Hakim Agung. Rangkaian acara pengambilan sumpah dan pelantikan ketiga hakim agung baru tersebut secara langsung dipimpin Ketua MA Prof. H.M. Syarifuddin, di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung MA Jakarta, Jum’at (9/6/2023) kemarin.

“Pada hari ini, Jum'at pada tanggal 9 Juni 2023, saya melantik Saudara Dr. Lucas Prakoso sebagai Hakim Agung pada Kamar Perdata. Kedua, Saudara Dr. Imron Rosyadi sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama. Ketiga, Saudari Lulik Tri Cahyaningrum sebagai Hakim Agung pada Kamar Tata Usaha Negara. Semoga Tuhan melimpahkan tuntunannya,” ujar Ketua MA RI Prof. H.M. Syarifuddin saat pelantikan dan pengambilan sumpah hakim agung baru, Jum'at (9/6/2023).

Hukumonline.com

Ketua MA RI Prof. H.M. Syarifuddin saat pelantikan dan pengambilan sumpah tiga hakim agung baru.

Pelantikan terhadap ketiga hakim agung baru tersebut berpijak pada Surat Keputusan Presiden RI No.44/P Tahun 2023 tertanggal 30 Mei 2023 tentang Pengangkatan Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI. Melalui Keputusan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu, mengangkat ketiganya sebagai hakim agung sejak pengambilan sumpah atau janji masing-masing sebagai hakim agung.

Baca Juga:

Ketiga Hakim Agung baru terlantik terdiri atas Hakim Agung Kamar Perdata Dr. Lucas Prakoso; Hakim Agung pada Kamar Agama, Dr. Imron Rosyadi; dan Lulik Tri Cahyaningrum yang dilantik sebagai Hakim Agung pada Kamar Tata Usaha Negara. Masing-masing dari ketiga Hakim Agung terlantik memiliki rekam jejak yang panjang dalam dunia peradilan Indonesia.

Untuk Dr. Lucas Prakoso, sebelumnya merupakan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum MA. Lahir di Semarang pada 17 Juli 1965, ia meraih gelar Sarjana Hukum di Universitas 17 Agustus 1945 Semarang pada tahun 1990 silam. Kemudian melanjutkan pendidikan Magister Hukum di Universitas Merdeka, dan meraih gelar Doktor Hukum di Universitas Brawijaya.

Sebelumnya, Lucas pernah menjabat beberapa kali sebagai Ketua Pengadilan. Seperti di Pengadilan Negeri Gresik, Pengadilan Negeri Sleman Kelas 1A, Pengadilan Negeri Balikpapan Kelas 1A, dan Pengadilan Negeri Bandung Kelas 1A Khusus. Tak hanya itu, Lucas juga sempat bertugas sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Bangka Belitung di tahun 2020 maupun sebagai Wakil Ketua di sejumlah Pengadilan Negeri.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait