Ini Para Pemenang Hukumonline's Top 100 Indonesian Law Firms 2022
Top 100 Indonesian Law Firms 2022

Ini Para Pemenang Hukumonline's Top 100 Indonesian Law Firms 2022

"Melalui pemeringkatan ini, Hukumonline ingin memberikan apresiasi sekaligus memperkenalkan deretan kantor hukum terbaik pada bidangnya kepada pencari jasa hukum."

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Chief Content Officer Hukumonline Amrie Hakim dalam ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2022 Awards Night di JS Luwansa Hotel Jakarta, Selasa (23/8/2022) malam. Foto: RES
Chief Content Officer Hukumonline Amrie Hakim dalam ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2022 Awards Night di JS Luwansa Hotel Jakarta, Selasa (23/8/2022) malam. Foto: RES

Untuk pertama kalinya, Hukumonline menggelar ajang Top 100 Indonesian Law Firms 2022 Awards Night. Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firm merupakan ajang pemeringkatan kantor-kantor hukum di Indonesia yang telah diselenggarakan sejak tahun 2018. Seiring konsistensi Hukumonline, peningkatan peserta signifikan selalu terjadi dalam gelaran pemeringkatan kantor hukum ini setiap tahunnya. 

“Pada tahun ini, terdapat 167 kantor hukum yang berpartisipasi, dengan rincian 120 kantor hukum full service (litigasi dan non-litigasi), 23 kantor hukum litigasi dan 24 kantor hukum non-litigasi. Pemeringkatan ini berbasis pada data empiris tentang ratusan kantor hukum serta telah melalui diskusi secara kolektif dan mendalam mengenai metodologi pemeringkatan,” ujar Chief Content Officer Hukumonline Amrie Hakim dalam ajang Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firms 2022 Awards Night di JS Luwansa Hotel Jakarta, Selasa (23/8/2022) malam. 

Amrie menerangkan pemeringkatan yang dilakukan Hukumonline ini memiliki indikator utama yakni jumlah fee earners yang terdiri dari partner, associate, of counsel dan advokat asing. Dalam hal dijumpai dua atau lebih kantor hukum mendapat peringkat sama, maka akan dilakukan analisis pemeringkatan kedua. Analisis tersebut dilakukan dengan cara melakukan komparasi jumlah sub indikator secara berturut-turut dengan kantor hukum lainnya.

"Dari seluruh kantor hukum tersebut, kami membagi 11 kategori yaitu 3 Kategori Largest Law Firm, 3 Kategori Rising Star Law Firm, 3 Kategori Midsize Law Firm, Law Firm with the most Female Partners, dan Indonesia’s Largest Law Firm of the Year. Melalui pemeringkatan ini, Hukumonline ingin memberikan apresiasi sekaligus memperkenalkan deretan kantor hukum terbaik pada bidangnya kepada pencari jasa hukum," kata dia.

Baca Juga:

Hukumonline.com

Suasana ajang Hukumonline's Top 100 Indonesian Law Firms 2022.

Dalam kategori pertama dan utama pemeringkatan Top 100 Indonesian Law Firms 2022 yang menggambarkan jumlah fee earners terbanyak yakni Indonesia’s Largest Law Firm of the Year. Dari hasil data yang dikumpulkan kuesioner dan diisi secara langsung oleh perwakilan setiap kantor hukum, Assegaf Hamzah & Partners menduduki peringkat pertama dengan jumlah fee earners sebesar 149. Terjadi peningkatan jumlah fee earners sebanyak 4 advokat apabila dibandingkan tahun 2021.

Selanjutnya, kategori Largest Full Service Law Firm of the Year merupakan kategori kedua dalam agenda tahunan pemeringkatan kantor hukum di Indonesia tahun 2022. Sebagai turunan kategori utama yang menunjukkan karakter kantor hukum lebih spesifik berfokus penanganan perkara litigasi dan non litigasi atau yang disebut sebagai full service. Dari perhitungan jumlah fee earners kantor hukum full service, Assegaf Hamzah & Partners menduduki posisi pertama dari 50 kantor hukum full service yang masuk dalam nominasi. Posisi grand finalist kembali disabet oleh Hadiputranto Hadinoto & Partners (HHP Law Firm).

Tags:

Berita Terkait