Ini Dia Kategori Juara Top 100 Indonesian Law Firms 2022
Top 100 Indonesian Law Firms 2022

Ini Dia Kategori Juara Top 100 Indonesian Law Firms 2022

Top 100 Indonesian Law Firms 2022 memiliki kategori terbanyak dibandingkan laporan pemeringkatan kantor hukum 4 tahun sebelumnya sejak 2018. Ada kategori khusus yang memotret keterlibatan perempuan dalam kantor hukum dan kantor hukum Rising Star.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Kategori juara dalam Pemeringkatan Kantor Hukum di Indonesia oleh Hukumonline terus bertambah. Hal itu mengikuti tren jumlah peserta kantor hukum yang terus meningkat, sehingga jauh lebih banyak informasi yang bisa dipotret dan dibandingkan untuk mengetahui juaranya. Daftar Top 100 Indonesian Law Firms 2022 tahun ini akan memilih juara dari 11 kategori.

Hukumonline telah menerbitkan laporan Pemeringkatan Kantor Hukum di Indonesia sejak tahun 2018. Semula bernama Corporate Law Firm Indonesia 2017-2018, lalu menjadi Indonesia Corporate Law Firms Ranking 2019 dan Indonesia Corporate Law Firms Ranking 2020, hingga akhirnya menggunakan nama Top 100 Indonesian Law Firms 2021 sejak tahun lalu. Perubahan nama ini juga diiringi jumlah kantor hukum yang selalu bertambah saat Hukumonline menggelar survei pemeringkatan.

Sejak awal Hukumonline konsisten memotret pemeringkatan kantor hukum Indonesia dengan jumlah total fee earners sebagai indikator utama. Mereka meliputi partner, associate, of counsel hingga advokat asing yang dimiliki kantor hukum. Semakin banyak jumlah fee earners, maka semakin besar atau tinggi peringkat kantor hukum.

Baca Juga:

Banyaknya jumlah fee earners sebagai salah satu parameter besarnya kantor hukum antara lain digunakan juga oleh Georgetown Law School. Menurut mereka, semakin banyak advokat dan lokasi kantor yang dimiliki oleh kantor hukum, maka kantor tersebut bisa dianggap sebagai firma hukum besar.

Semula hanya 19 law firm Indonesia yang bersedia terlibat dalam pemeringkatan oleh Hukumonline. Jumlah ini ternyata melonjak 780% hingga mencapai partisipasi 167 law firm pada pemeringkatan tahun 2022 ini. Tentu saja Hukumonline tidak bisa mengabaikan antusiasme dan kepercayaan kantor-kantor hukum itu. Penambahan jumlah kategori juara menjadi sangat relevan karena jauh lebih banyak karakteristik yang bisa dibandingkan dan dinilai dalam berbagai kategori juara.

Nah, Top 100 Indonesian Law Firms 2022 menjadi laporan pemeringkatan Hukumonline dengan kategori terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini dia kategori juara yang para juaranya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Tags:

Berita Terkait