Terbaru

Kenali Utang Negara Indonesia dan Penyebab Negara Berutang

Utang negara terbagi atas pinjaman dan surat berharga negara.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi utang negara dan dampaknya. Sumber: pexels.com
Ilustrasi utang negara dan dampaknya. Sumber: pexels.com

Posisi utang negara Indonesia pada tahun 2022, dilansir dari situs Bank Indonesia pada akhir Januari 2022, mengalami penurunan. Utang negara tercatat sebesar 413,6 miliar dolar AS, turun dibandingkan dengan posisi utang luar negeri pada bulan sebelumnya, yaitu 415,3 miliar dolar AS.

Utang negara atau sovereign debt adalah utang yang dikeluarkan atau dijamin oleh pemerintah pada suatu negara. Utang negara merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah nasional dan berbeda dengan utang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Tingkat risiko dalam surat utang negara dapat dilihat dari tingkat bunga atau kupon yang diterbitkan. Tingkat risiko ini akan semakin tinggi jika kuponnya tinggi. Utang negara Indonesia seringkali dinilai memiliki risiko rendah karena pemerintah yakin memiliki cara untuk tidak gagal dalam membayar utang.

Dalam kasus-kasus ekstrem, pemerintah suatu negara dapat memaksa rakyat dan pebisnis membayar pajak yang tinggi dengan memanfaatkan kekuatan militer.

Utang negara terbagi atas pinjaman dan surat berharga negara. Utang jenis pinjaman adalah pembiayaan melalui utang yang diperoleh pemerintah dari pemberi pinjaman dalam negeri atau luar negeri yang diikat oleh suatu perjanjian pinjaman dan tidak berbentuk surat berharga negara yang harus dibayar dengan persyaratan tertentu.

Baca juga:

Pemberi pinjaman dalam negeri berarti jenis pinjaman yang dilakukan pemerintah yang diperoleh dari lender dalam negeri, yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Pemerintah Daerah (Pemda).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait