Kewaspadaan di Tengah Transisi Pandemi Covid-19
Terbaru

Kewaspadaan di Tengah Transisi Pandemi Covid-19

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama mengunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di masa pandemi telah dicabut pemerintah di penghujung 2022. Di tengah masa transisi pandemi Covid-19 tidak berarti melonggarkan kedisiplinan untuk menjaga Kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Karenanya, kewaspadaan di tengah transisi pandemi tetap dikedepankan.

Presiden Joko Widodo menegaskan agar semua pihak termasuk jajaran di kabinet pemerintahan tetap waspada dan mengedepankan kehati-hatian dalam mengambil kebijakan. Setidaknya agar stabilitas perekonomian nasional tetap terjaga. Situasi pandemi Covid-19 memiliki banyak dampak terhadap perekonomian masyarakat.

“Setelah PPKM kita cabut di akhir tahun 2022, masa ini adalah masa transisi dan kita tetap harus waspada, hati-hati dalam memutuskan kebijakan, utamanya ekonomi yang sekarang ini kita berada pada posisi yang sangat baik,” ujar Presiden sebagaimana dikutip dari laman Setkab, Jum’at (27/1/2023).

Presiden menuturkan di tengah ketidakpastian perekonomian dan penanganan pandemi hingga di periode 2022, setidaknya Indonesia mampu menjaga pertumbuhan ekonomi nasional. Menurutnya, di kuartal ke-3, misalnya berada di angka 5,72 dan year on year di periode 2022. Terlepas kondisi pertahanan perekonomian nasional, semua pihak yang telah berjibaku sepanjang tiga tahun terakhir menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi di berbagai tingkatan, presiden pun mengapresiasi.

“Sebuah tantangan yang sangat berat, sebuah persoalan yang sangat sangat berat yang kita hadapi saat itu, dan tidak ada standarnya, tidak ada pakemnya, karena memang kita semuanya belum memiliki pengalaman dalam menangani pandemic Covid-19 ini,” kata Presiden.

Terpisah, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengatakan kewaspadaan tak boleh lengah di tengah transisi masa pandemi. Sebab, Covid-19 dengan beragam variannya tetap menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat. Buktinya, Indonesia mencatat satu kasus Covid-19 varian kraken atau omicron XBB.1.5 yang diketahui berasal dari warga negara Polandia yang tiba di Indonesia 6 Januari 2023.

Bamsoet begitu biasa disapa, mengaku prihatin bobolnya ‘pertahanan’ kewaspadaan pemerintah atas masuknya subvarian omicron kraken ke wilayah Indonesia. Atas insiden itu, MPR meminta pemerintah mengevaluasi upaya atau kebijakan yang berlaku saat ini, khususnya di tiap pintu masuk warga negara asing ke wilayah Indonesia.

Tags:

Berita Terkait