KPK Bakal Kooperatif Hadapi Kasus yang Menjerat Firli Bahuri
Terbaru

KPK Bakal Kooperatif Hadapi Kasus yang Menjerat Firli Bahuri

Penggeledahan di kediaman Firli Bahuri oleh penyidik dalam rangka mencari barang bukti yang dapat membuat terang benderang tentang dugaan tindak pidana.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
 Pelaksana tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri. Foto: RES
Pelaksana tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri. Foto: RES

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus bergulir penangananya oleh Polda Metro Jaya. Nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjadi orang yang ditengarai tersandung kasus dugaan perbuatan tindak pidana tersebut. Terlebih, Firli sudah menjalani pemeriksaan di Bareskrim. Karenanya, KPK secara kelembagaan bakal bersikap kooperatif menghadapi kasus yang menjerat pucuk pimpinan lembaga antirasuah.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menanggapi penggeledahan di kediaman Ketua KPK, Firli Bahuri di Bekasi, Jawa Barat terkait penyidikan umum yang sedang dilakukan Polda Metro Jaya. Menurutnya, KPK menghormati kegiatan tersebut sebagai bagian dari rangkaian proses hukum sepanjang sesuai mekanisme dan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku.

“Sebelumnya kita ketahui bersama, Bapak Firli Bahuri juga secara kooperatif sudah hadir dan memberikan keterangan yang diperlukan Penyidik Polda Metrojaya dan Mabes Polri,” ujar Ali dalam keterangan persnya, Kamis (26/10/2023).

Menurutnya, beberapa insan KPK lainnya pun secara kooperatif  memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan terkait dengan perkara tersebut. Ali juga menjelaskan KPK  beberapa waktu lalu telah menyampaikan dokumen-dokumen yang diminta Penyidik Polda Metrojaya.

Baca juga:

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat  (Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Pol Trunoyudo Wisnu Andiko  menjelaskan, lokasi penggeledahan tersebut berada di dua lokasi. Yakni di Jalan Kertanegara 46 Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan Perum Gardenia Villa Galaxy A2 Nomor 60 Bekasi Kota, Jawa Barat.

Hukumonline.com

Sejumlah penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya saat melakukan penggeledahan di salah satu kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Foto: RES

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait