MA Rumuskan Hasil Rapat Pleno Kamar 2020
Berita

MA Rumuskan Hasil Rapat Pleno Kamar 2020

Hasil Rapat Pleno Kamar MA Tahun 2020 ini segera dibahas dalam Rapat Pimpinan MA untuk dituangkan dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) tentang Pemberlakuan Hasil Rapat Pleno Kamar Tahun 2020 sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas bagi Pengadilan.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Gedung MA. Foto: RES
Gedung MA. Foto: RES

Mahkamah Agung (MA) telah menyelenggarakan Rapat Pleno Kamar MA ke-9 pada Minggu (29/11) hingga Selasa (1/12) di Bandung. Rapat Pleno Kamar MA yang menjadi agenda tahunan ini dihadiri 272 peserta. Mereka adalah seluruh Ketua Kamar, para Hakim Agung, para Hakim Ad Hoc, Pejabat Eselon I dan II, Para Panitera muda Kamar, Para Panitera Muda Pengganti, Para Hakim Yustisial di lingkungan MA.  

Sebelum penutupan rapat pleno ini, dibacakan rumusan hasil diskusi dari kamar Pidana oleh Hakim Agung Sofyan Sitompul. Dilanjutkan pembacaan rumusan kamar Perdata oleh Syamsul Ma'Arif; kamar Agama oleh Busra; kamar Tata Usaha Negata oleh Yodi Martono W; Kamar Militer oleh Brigjen TNI Sugeng Sutrisno; dan terakhir dari Kamar Sekretariat oleh Plt. Sekretaris MA Aco Nur.

Saat penutupan, Ketua MA M. Syarifuddin mengatakan seluruh rumusan rapat pleno yang telah dihasilkan dalam Rapat Pleno Kamar MA Tahun 2020 ini segera dibahas dalam Rapat Pimpinan MA untuk dituangkan dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) tentang Pemberlakuan Hasil Rapat Pleno Kamar Tahun 2020 sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas bagi Pengadilan.

“Saya juga menugaskan Bapak Panitera MA agar Rumusan Pleno Kamar Tahun ini dapat dimuat dalam website MA dan dikompilasikan menjadi satu kesatuan dengan hasil Rumusan Pleno Kamar tahun-tahun yang lalu,” ujar M. Syarifuddin saat menutup Rapat Pleno Kamar 2020, Senin (30/11/2020) malam kemarin seperti dikutip laman resmi MA.    

Dia mengingatkan berdasarkan SK KMA No. 213/KMA/SK/XII/2014 tentang Pedoman Sistem Kamar di MA, Penyelenggaraan Rapat Pleno Kamar, dan Studi Banding Implementasi Sistem Kamar ke Hoge Raad Belanda, tanggal 30 Desember 2014, Rapat Pleno Kamar salah satu bagian penting dari implementasi Sistem Kamar yang telah dicanangkan hampir satu dasawarsa lalu (2011). (Baca Juga: Mengintip Hasil Rapat Pleno Kamar Tahun 2018)

Karena itu, Rapat Pleno Kamar Tahun ini harus diletakkan dalam kerangka pencapaian tujuan penerapan Sistem Kamar pada MA seperti yang telah dirumuskan dalam tiga tujuan:
1. Menjaga kesatuan penerapan hukum dan konsistensi putusan MA.

2. Meningkatkan profesionalitas Hakim Agung.

3. Mempercepat proses penyelesaian perkara

Rapat Pleno Kamar MA juga merupakan salah satu langkah penting membangun kesatuan penerapan hukum baik kesatuan kerangka pikir bersama (unified legal framework) maupun pandangan hukum bersama (unified legal opinion), baik untuk internal kamar maupun yang memiliki titik singgung dengan kamar lainnya. “Rapat Pleno Kamar MA ini bisa membangun pandangan hukum MA yang padu, kokoh, dan harmonis.”

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait