Masyarakat Perlu Tahu Beda P2P Lending dengan Pinjaman Online
Utama

Masyarakat Perlu Tahu Beda P2P Lending dengan Pinjaman Online

Terkait keluarnya Peraturan OJK No. 10/POJK.05/2022 sebagai pengganti POJK No.77 Tahun 2016 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, pengawasan P2P Lending dilakukan dengan dua cara yaitu off-site dan on-site.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Acara diskusi yang diselenggarakan HKHPM bertema Perkembangan Terbaru P2P Lending di Indonesia Berdasarkan POJK No. 10/POJK.05/2022. Foto: WIL
Acara diskusi yang diselenggarakan HKHPM bertema Perkembangan Terbaru P2P Lending di Indonesia Berdasarkan POJK No. 10/POJK.05/2022. Foto: WIL

Di era serba mudah dan serba teknologi informasi saat ini memberikan segudang kemudahan bagi masyarakat. Segala kebutuhan kehidupan terbantu dengan beragamnya inovasi teknologi, khususnya di layanan jasa keuangan.

Namun, kemudahan tersebut tidak dibarengi dengan literasi keuangan atau pemahaman yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat selaku yang menjalankan kehidupan.

Salah satu yang ada di dalam  layanan keuangan adalah peminjaman kepada nasabah. Layanan pinjaman ini beragam bentuknya. Salah mengartikan maka masyarakat dapat terjebak di dalam pinjaman ilegal.

Baca Juga:

Tomi Joko Irianto selaku Pengawas Senior Deputi Direktur Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan masyarakat masih banyak yang belum bisa membedakan pinjaman online dengan Peer to Peer Lending (P2P Lending).

“Bedanya pinjaman online dan P2P Lending itu ya pinjaman online adalah transaksi pinjam meminjam berdasarkan penggunaan teknologi informasi yang dapat  dilakukan oleh siapa saja, mulai dari bank hingga koperasi digital. Sedangkan P2P Lending itu peran platform penyelenggara yang hanya sebagai perantara, peran P2P Lending mempertemukan orang yang mau meminjam dengan si peminjam,” jelas Tomi dalam diskusi publik yang diselenggarakan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), Rabu (15/2).

Banyaknya dispute atau sengketa yang membawa nama P2P Lending, sesungguhnya karena masyarakat belum memahami terkait dengan mekanisme P2P Lending itu sendiri.

Tags:

Berita Terkait