Melihat Makna Lock Up Saham dalam Peraturan OJK 25/2017
Terbaru

Melihat Makna Lock Up Saham dalam Peraturan OJK 25/2017

Di dalam periode lock up saham, manajemen dan pemegang saham besar dari perusahaan publik dilarang menjual saham mereka.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Melihat Makna Lock Up Saham dalam Peraturan OJK 25/2017
Hukumonline

Ketentuan mengenai lock up saham diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 25/POJK.04/2017 tentang Pembatasan Atas Saham yang Diterbitkan Sebelum Penawaran Umum.

Periode lock up adalah masa ketika investor tidak diizinkan untuk menjual saham dari investasi tertentu. Periode lock up sering diperlukan dalam kasus IPO untuk memastikan orang dalam perusahaan tidak memasuki pasar publik segera setelah perusahaan go public.

Di dalam periode lock up saham, manajemen dan pemegang saham besar dari perusahaan publik dilarang menjual saham mereka. Undang-undang biasanya tidak mewajibkan bisnis yang ingin go public untuk mengikuti periode lock up.

Baca Juga:

Periode lock up adalah sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan dan/atau bank investasi yang menanggung permintaan IPO yang bertujuan untuk mencegah volatilitas yang berlebihan dan memungkinkan pasar untuk menemukan nilai sebenarnya dari saham tersebut.

Meski tidak ada peraturan yang secara khusus mengatur mengenai lock up, POJK No. 25/POJK.04/2017 tentang Pembatasan Atas Saham yang diterbitkan sebelum Penawaran Umum adalah salah satu peraturan yang mengatur apabila suatu perusahaan ingin melakukan lock up setelah dilakukannya IPO.

Pada Pasal 2 POJK No. 25/POJK.04/2017 diatur bahwa setiap pihak yang memperoleh efek bersifat ekuitas dari emiten dengan harga dan/atau nilai konversi dan/atau harga pelaksanaan di bawah harga penawaran umum perdana saham dalam jangka waktu 6 bulan sebelum penyampaian pernyataan pendaftaran kepada OJK, dilarang mengalihkan sebagian atau seluruh kepemilikan atas efek bersifat ekuitas emiten tersebut sampai dengan 8 bulan setelah pernyataan pendaftaran menjadi efektif.

Tags:

Berita Terkait