Prof. Amzulian Rifai dan Siti Nurdjanah Pimpin KY Paruh Kedua 2023-2025
Utama

Prof. Amzulian Rifai dan Siti Nurdjanah Pimpin KY Paruh Kedua 2023-2025

Sebagai Ketua dan Wakil Ketua KY Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025 terpilih, masa bakti keduanya efektif per 1 Juli 2023 mendatang. Ketua KY terpilih menekankan pentingnya dukungan internal institusi kelembagaan KY agar nantinya bisa mendapat kepercayaan publik.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua dan Wakil Ketua KY terpilih, Prof. Amzulian Rifai dan Siti Nurdjanah usai menggelar pemilihan secara voting, Senin (5/6/2023). Foto: RES
Ketua dan Wakil Ketua KY terpilih, Prof. Amzulian Rifai dan Siti Nurdjanah usai menggelar pemilihan secara voting, Senin (5/6/2023). Foto: RES

Rapat Pemilihan Pimpinan Komisi Yudisial RI (Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025) usai digelar Komisi Yudisial (KY) RI. Rapat Pemilihan secara langsung dihadiri oleh seluruh anggota KY dan berlangsung dalam satu putaran melalui mekanisme voting (pemungutan suara) 7 anggota KY RI.

“Sesuai laporan Sekretaris Jenderal (Sekjen), rapat terbuka hari ini berdasarkan daftar hadir. Seluruh anggota KY telah hadir, forum telah terpenuhi,” demikian disampaikan oleh Ketua KY Paruh Waktu I Januari 2021-Juni 2023 Prof. Mukti Fajar Nur Dewata dalam rapat pagi itu di ruang auditorium KY, Senin (5/6/2023).

Baca Juga:

Berdasarkan pemilihan untuk posisi Ketua Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025 yang dilangsungkan melalui voting hari itu, terpilih Prof. Amzulian Rifai sebagai Ketua KY dengan perolehan 5 suara. Sedangkan kandidat calon Ketua KY lainnya yakni Binziad Kadafi memperoleh 2 suara.

Hukumonline.com

Suasana Rapat Pemilihan Pimpinan Komisi Yudisial RI yang digelar secara voting.

Kemudian dalam pemilihan Wakil KY Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025, Siti Nurdjanah terpilih sebagai Wakil Ketua dengan 4 suara. Sementara kandidat calon Wakil Ketua KY lainnya yakni Joko Sasmito mendapat 2 suara; serta terdapat 1 suara abstain.

“Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada kami. Mudah-mudahan kita selalu sehat untuk sama-sama mengabdi kepada negara,” ujar Ketua KY Paruh Kedua Periode Juli 2023-Desember 2025 terpilih Prof. Amzulian Rifai usai Rapat Pemilihan Pimpinan KY RI.

Menurutnya, menjadi jabatan Ketua dan Wakil Ketua KY merupakan amanah yang tidak mudah. “Ada tantangan yang luar biasa di pundak kami. Itu juga yang telah dijalani Prof Mukti dan Pak Taufiq (pada periode sebelumnya). Dengan niat baik, tekad baik, kami akan berusaha semaksimal mungkin,” kata dia.

Tags:

Berita Terkait